fbpx

Young On Top

Apa awal mula Young on Top didirikan?

Young On Top (YOT) berawal dari sebuah buku yang ditulis oleh Billy Boen yang diterbitkan pada Bulan April 2009. Selama perjalanannya hingga sekarang, YOT telah berkembang menjadi sebuah perusahaan dan community-organization anak muda terbesar di Indonesia yang terdapat di 24 kota di Tanah Air dengan jumlah anggota lebih dari 600.000 orang. PT. YOT Inspirasi Nusantara adalah anak perusahaan dari PT. YOT Nusantara (Holding) yang dipimpin oleh Andy F. Noya sebagai Presiden Komisaris dan Billy Boen sebagai Presiden Direktur.

Singkat cerita itu hadirnya Young On Top seperti saat ini ialah berawal dari sebuah email:

“Mas, saya ingin sekali kuliah, tapi tidak diizinkan orang tua karena tidak punya biaya. Dunia di depan saya sudah runtuh. Namun, minggu lalu saya ke toko buku, dan saya membaca buku ‘kuning’ itu. Sekarang saya jadi tahu mesti ngapain. Terima kasih, Mas.”

Email tersebut yang menjadi awal perjalanan Pak Billy, sang Founder, yang kemudian memutuskan mendirikan Young On Top bukan hanya sekedar nama buku. Email dari seorang anak muda di Medan tersebut didapatkan setelah ia merilis bukunya Young On Top: 30 Rahasia Sukses di Usia Muda di tanggal 6 April 2009. Sebenarnya, pada saat itu Pak Billy sedang menjabat sebagai Direktur MRA Group. Namun, ‘panggilan’ dari email tersebut yang membukakan jalannya untuk menemukan purpose dalam hidupnya, yaitu ‘berbagi’.

Dari buku yang sudah dirilis, Pak Billy menyadari bahwa banyak dari pembacanya adalah anak-anak muda dan mahasiswa yang ingin mendapatkan insight mengenai kesuksesan berkarir. Dalam mengenalkan value bukunya lebih luas lagi, Pak Billy roadshow ke beberapa kampus. Tepat di bulan Oktober 2009, yaitu 6 bulan setelah buku Young On Top launching, Pak Billy memutuskan untuk resign dari MRA Group dan memulai perjalanan membesarkan Young On Top. Dari situlah, perjalanan membangun Young On Top dimulai.

Tidak terasa tahun ini Young On Top telah memasuki perjalanannya yang ke sebelas tahun. Banyak fase yang telah dilewati oleh Billy Boen, Founder Young On Top dalam membangun dan mengembangkan YOT yang kini menjadi brand berbasis youth community organization. Tahun 2009 merupakan titik di mana semua mimpi dan tujuan untuk lebih banyak berbagi dan menginspirasi berawal.

Apa visi yang ingin dicapai Young on Top?

“Kehadiran YOT di bumi nusantara ini untuk creating the next stronger generation of Indonesia. Dengan motto-nya learn and share, belajar sebanyak banyaknya dan berbagi sebanyak-banyaknya,”

Billy Boen, Founder Young on Top

Young On Top bukan hanya sekedar komunitas, melainkan community organization. Dimana dapat didefinisikan sebagai perkumpulan orang dengan struktur yang jelas dan nilai yang sama menjalankan tujuannya berlandaskan
aturan serta nilai yang telah disepakati. Nilai yang ada di Young On Top ialah integritas, respect dan value positif YOT lainnya.

Siapa saja yang ditargetkan untuk bergabung dalam jejaring Young on Top?

Gen Z dan millennials, seluruh anak muda Indonesia yang memiliki mimpi yang sama yaitu untuk terus memajukan Indonesia. Saat ini, YOT tidak hanya berada di satu kota, YOT saat ini sudah ada di 24 kota di Indonesia. Perjalanan membangun YOT Kota diawali dari tahun 2011. Saat itu, Billy menantang siapa yang berani untuk menjadi inisiator di kota masing-masing melalui website-nya.

“Tujuannya simple, saya ingin followers-nya YOT yang sudah baca buku saya atau yang follow sosmednya YOT mereka saling kenal. Ketika mereka saling kenal dan dipersatukan melalui value yang sama, saya berharap mereka bisa bermanfaat, berbuat sesuatu yang nyata untuk kotanya masing-masing melalui acara yang simple yang mereka buat,” harap Billy. Hingga akhirnya di tahun 2015 YOT Kota ‘reborn’ dengan menjalankan fungsi 5 pilar yaitu pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, sosial dan entrepreneurship serta memiliki 12 pengurus inti dan saat ini YOT Kota telah ada di 24 kota di Indonesia dengan member lebih dari 600.000 anak muda Indonesia.

“Young On Top bukan hanya sekedar komunitas, melainkan community organization,”

Billy Boen, Founder Young on Top

Apa saja program yang dilakukan oleh Young on Top?

Dalam menjalankan fungsi dan untuk mencapai tujuannya, YOT menjalankan berbagai macam program yang dapat dinikmati oleh anak muda Indonesia. Mulai dari program online rutin kita yaitu Inspira Webinar #makinpintardirumah, program di TV, radio, roadshow hingga event akbar YOTNC #MenembusBatas.

Pada tahun 2020 ini kami Young On Top mengambil tema #MenembusBatas karena kami percaya bahwa untuk belajar dan berkarya tidak boleh ada batasan geografi, sudah saatnya demografi semua orang harus bisa. Menembus batas juga berarti kita bisa belajar dan berkarya darimana saja terutama di era digital seperti sekarang ini yang bisa dinikmati dari seluruh penjuru tanah air.

Beberapa inisiatif dan bukti nyata termasuk dengan dampak yang telah diberikan oleh Young On Top pada tahun ini juga tercatat dengan adanya 692 kegiatan yang telah dilakukan dan diikuti oleh 52.248 partisipan. Kami juga rutin melaksanakan kegiatan donor darah yang berhasil mengumpulkan 5.398 Kantong darah, mengumpulkan donasi untuk tiga hari besar yang kami namakan YOT Share Ramadhan dengan total donasi Rp39.224.767, YOT Share Galungan Rp5.320.698, dan yang masih sedang berjalan YOT Share Natal Rp3.296.519 yang semuanya akan disumbangkan kepada 24 kota di Indonesia. Dengan apa yang sudah kami jalankan selama ini harapannya untuk terus bisa memberikan manfaat dan inspirasi kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Apa rencana program kedepannya yang ingin dijalankan oleh Young on Top?

Saat ini, Young On Top sudah sebelas tahun, ada begitu banyak harapan yang dimiliki oleh Pak Billy untuk bisa menyebarkan value positif dan menginspirasi lebih banyak lagi anak muda di Indonesia. Terutama di era digital ini, harus ada satu inovasi yang bisa menghubungkan YOTers secara online dengan tujuan agar YOTers bisa learn and share dengan lebih mudah di mana saja, kapan saja dan dengan siapa saja.

Tidak ada kata lain selain terima kasih yang dapat diucapkan Billy selaku founder kepada seluruh YOTers di Indonesia. Karena, berkat dukungan YOTers, Young On Top dapat terus berkembang dan semangat menjalankan visinya yaitu creating the next stronger generation of Indonesia.

“Buat saya, sekarang YOT jadi community organization yang member-nya 600.000 itu pencapaian yang luar biasa. Buat saya nomor satu lebih ke impact nyata. One day, YOTers jumlahnya jutaan di Indonesia. Tapi saya tau, it is only beginning, YOT perjalanannya masih jauh banget, masih 100 tahun ke depan. Saya cuma mau bilang terima kasih from the bottom of my heart. Kehadiran YOT di bumi nusantara ini untuk creating the next stronger generation of Indonesia. Dengan motto-nya learn and share, belajar sebanyak-banyaknya dan berbagi sebanyak-banyaknya,” harap Billy.

. . .

Artikel ini telah terbit pada Buku Saku RINTISAN Edisi 4: Leadership. Silakan klik link ini untuk membaca artikel eksklusif lainnya di RINTISAN.

Bagikan artikel ini