fbpx

Trik Media Sosial supaya Bisnis Jadi Lebih Efektif

Photo by Dole777 on Unsplash

Kini, media sosial tak lagi asing bagi khalayak publik, bahkan menjadi salah satu kebutuhan komunkasi. Kamu bisa menggunakan media sosial untuk berbagai kebutuhan, seperti membagikan cerita atau dokumentasi kegiatanmu, eksistensi diri, berbisnis, mencari pekerjaan, atau bahkan….mencari jodoh 🥰

Mengolah media sosial yang tidak ada unsur profit di dalamnya (individu) mungkin terlihat lebih mudah, tidak perlu repot untuk memikirkan konten apa yang harus kamu unggah, tidak harus memonitor isi yang ada di dalam media-sosialmu, juga tidak perlu menentukan kapan waktunya kamu harus mengunggah konten. Semuanya bisa kamu lakukan sesuka hati! Eits tapi jangan lupa literasi digitalnya, ya!

Berbeda jika kamu menggunakan media sosial untuk meningkatkan reputasi diri sebagai seorang Opinion Leader yang memiliki dampak besar terhadap suatu golongan masyarakat, untuk berbisnis, atau berorganisasi. Tentunya kamu harus memahami dan menerapkan berbagai strategi media sosial, agar kamu bisa memperoleh keuntungan baik dari segi material maupun nonmaterial. Lantas, apa saja yang perlu kamu lakukan untuk menerapkan strategi media sosial yang efektif?

  1. Jadikan media sosial sebagai prioritas
    Media sosial memegang peran yang cukup krusial untuk kesuksesan bisnis kamu, loh. Kamu tidak boleh mengolah media sosial secara asal atau memiliki prinsip “yang penting nge-post aja”. Kamu wajib merekrut tim yang paham betul akan objektif, branding, dan visi perusahaan, yang nantinya akan dikomunikasikan kepada publik dalam bentuk konten. Mengapa harus diprioritaskan? Karena jika kamu asal dalam mengolahnya, reputasi bisnismu bisa terancam.
  2. Tidak semuanya harus tentang bisnismu
    Konten yang terus-menerus membahas tentang apa yang kamu jual akan berujung pada penggunaan media sosial yang tidak efektif, karena audiens cenderung mudah jenuh dengan konten yang ”itu-itu” saja. Kamu harus menyediakan konten yang insightful untuk dikonsumsi oleh audiens, agar akunmu memiliki value yang baik di mata mereka. Mungkin kamu bisa membahas mengenai fenomena yang sedang ramai dibicarakan oleh masyarakat, yang tentunya harus memiliki relevansi dengan visi dan objektif dari bisnismu, kamu juga bisa membagikan konten-konten edukasi yang secara tersirat tertuju pada produk atau layanan yang kamu jual.
  3. Interaksi dengan audiens itu penting
    Cara mempromosikan bisnismu di media sosial sangatlah berbeda dengan mempromosikannya di media tradisional. Kamu wajib mengunggah konten yang dapat menarik interaksi dari audiens. Contohnya, kamu bisa membuat konten berformat polling untuk mengetahui produk apa yang sedang dibutuhkan atau diinginkan oleh audiens, membubuhkan kalimat tanya di setiap konten yang akan kamu unggah, responsif terhadap keluhan pelanggan, atau sekadar merespon pesan di kolom komentar. Sesekali kamu juga boleh lho menghibur audiens dengan konten bertema games, ini bisa menjadi alternatif untuk meningkatkan engagement pada akun media-sosialmu!
  4. Utamakan kualitas dibanding kuantitas!
    Tidak ada salahnya menggunakan fitur berbayar untuk meningkatkan followers atau reach pada akun media-sosialmu. Tapi yang harus kamu pahami adalah followers yang banyak, tidak menentukan engagement akunmu sudah baik lho! Untuk kamu yang baru saja memulai berbisnis dan menggunakan media sosial sebagai sarana untuk promosi, kamu bisa menggunakan teknik Organic Marketing (tidak menggunakan iklan berbayar) dengan tujuan untuk mendapatkan audiens yang benar-benar tertarik dengan konten dan apa yang kamu jual. Karena salah satu tanda penggunaan media sosial yang tidak efektif adalah disaat follower-mu banyak, namun engagement-nya sangatlah minim. Jadi, kamu pilih yang mana?

Nah itu dia empat cara yang dapat kamu terapkan agar penggunaan media-sosialmu lebih efektif; prioritaskan untuk merekrut tim yang dapat mengolah media sosial dengan baik, buatlah konten yang insightful dan tidak monoton, utamakan untuk selalu berinteraksi dengan audiens, dan gunakan teknik organic marketing agar kamu mendapat audiens yang benar-benar tertarik dengan bisnismu!

. . .

Referensi: https://www.startups.com/library/expert-advice/social-media-for-startups-common-mistakes

. . .

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah upaya bahu membahu penggerak ekosistem startup digital Indonesia untuk saling terkoneksi, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Diinisiasi sejak 2016, gerakan ini diharapkan mendorong terciptanya mencetak startup yang menjadi solusi atas masalah dengan memanfaatkan teknologi digital. #1000StartupDigital memberikan pembinaan bagi calon founder untuk membentuk tim, membuat MVP, hingga meluncurkan produknya ke pasar.

Karena Indonesia maju, #MulaiDariKamu!

— Tulisan dibuat oleh Nadja Pradya Tasynim

Bagikan artikel ini