fbpx

Tips Penting Public Relation untuk Startup

Sebagai startup, penting untuk mempelajari tentang public relation (PR), terutama menjalin koneksi dengan media. Alasannya, publikasi di media merupakan salah satu cara promosi yang bisa dilakukan agar startup bisa dikenal oleh lebih banyak orang. Berikut adalah beberapa poin penting yang bisa kamu aplikasikan untuk membuat startupmu lebih menonjol dengan mendalami PR.

1. Menomorsatukan Produk di Atas Segalanya

Setiap program PR yang sukses selalu mengandalkan produk di atas segalanya. Meskipun bagi startup yang berada di tahap awal pada umumnya mengalami keterbatasan anggaran, tahanlah godaan untuk melakukan perilisan produk secara terburu-buru.

Pastikan produk yang akan dirilis sudah dilakukan pengujian dan disempurnakan secara memadai. Mengapa begitu? Sebab pers dan kritikus lain akan sangat mencermati produk yang rilis. Bahkan, seorang PR profesional yang sangat ahli pun tidak dapat memberikan kompensasi atas produk yang buruk. Pastikan produkmu memukau pelanggan dan juga kalangan media sejak hari pertama diluncurkan. Jika hal itu berhasil, maka publisitas besar akan menyusul di kemudian hari.

2. Berinvestasi pada Public Relation

Salah satu hal yang patut dipertimbangkan ketika berbicara tentang investasi startup adalah berinvestasi terhadap public relation. Hal itu dapat menciptakan manfaat yang luas dan terukur dalam mencapai tujuan bisnis. PR yang tepat dapat menciptakan kredibilitas sehingga publik dapat mempercayai startupmu.

Investasi yang telah dikeluarkan tidak akan percuma karena kepercayaan pada startup dapat dikonversikan langsung ke penjualan. Seperti kisah dari Brian Chesky, salah satu pendiri Airbnb, “Airbnb berhasil mendapatkan lebih dari 0,5 juta artikel pada tahun lalu, pada tahun 2020. Dan kami memiliki pangsa media yang sama banyaknya dengan gabungan sebagian besar perusahaan perjalanan besar lainnya.”

3. Matangkan Elevator Pitch

Elevator pitch adalah senjata paling ampuh untuk memikat investor, jurnalis, atau pihak lain yang ingin diajak kerja sama. Terutama dalam industri media, melibatkan jurnalis sejak awal merupakan pekerjaan paling menantang. Untuk itu, kamu perlu matangkan elevator pitch, sehingga jika tiba waktu yang tepat untuk menyuguhkannya pada orang lain, kamu sudah siap untuk mengambil kesempatan emas tersebut.

Buatlah presentasi secara singkat. Jangan terlalu panjang, usahakan tidak lebih dari beberapa paragraf pendek yang bisa habis dibaca dalam waktu kurang dari satu menit. Kamu hanya punya waktu singkat untuk mencuri hati jurnalis, maka susunlah ide sebagai teaser yang dirancang dengan memikat.

4. Ketahui Siapa Jurnalis yang Menjadi Targetmu

Kamu dapat menargetkan jurnalis tertentu yang sesuai dengan industrimu. Agar lebih mudah, buatlah dokumen yang menjelaskan tentang daftar reporter dan publikasi yang telah mereka tulis. Karena, semakin tepat kamu menentukan jurnalis mana yang akan diajak kerja sama, maka kamu punya peluang makin tinggi untuk sukses.

Salah cara ini dapat kamu lakukan adalah menentukan audiens. Kemudian, kamu dapat melakukan riset tentang latar belakang jurnalis. Temukan berita yang relevan dengan apa yang ingin kamu sampaikan. Misalnya, pertanyaan seperti apa yang sekiranya akan jurnalis jawab? Tren apa yang muncul dalam cerita mereka? Cerita mana yang memiliki engagement paling banyak? Dan kira-kira mengapa?

Berikut adalah beberapa tips yang dapat diadopsi ketika membuat pitch:

  1. Buatlah secara singkat dan tepat sasaran.
  2. Buatlah secara personal. ‘Mengapa kamu menghubungi mereka?’
  3. Buat hook atau kalimat yang sangat menonjol dan mengajak mereka untuk ‘mengiyakan’ ajakanmu.

5. Buat Narasi yang Berdampak

Pada umumnya, jurnalis tidak menulis tentang produk baru “XYZ”, akan tetapi mereka meliput dalam konteks artikel yang punya kategori lebih besar atau dikaitkan dengan tren terkini. Untuk itu, kamu dapat mengemas ide cerita yang relevan dengan isu terkini, tentang bagaimana perusahaanmu bisa membuat dampak penting, atau bisa bersaing di pasar karena memberikan nilai unik pada pelanggan.

Startup yang baik memiliki kekuatan public relations yang kuat. Selamat membangun public relations, founder!

. . .

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah upaya bahu membahu penggerak ekosistem startup digital Indonesia untuk saling terkoneksi, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Diinisiasi sejak 2016, gerakan ini diharapkan mendorong terciptanya mencetak startup yang menjadi solusi atas masalah dengan memanfaatkan teknologi digital. #1000StartupDigital memberikan pembinaan bagi calon founder untuk membentuk tim, membuat MVP, hingga meluncurkan produknya ke pasar.

Karena Indonesia maju, #MulaiDariKamu!

Bagikan artikel ini