fbpx

Tim Media Sosial: Kunci supaya Marketing Startup-mu Melesat Pesat

Sumber: Shutterstock

Tak bisa dipungkiri, media sosial kini menjadi salah satu platform untuk membangun kedekatan antara startupmu dengan pengguna, bahkan hingga mempertahankan interaksi dengan mereka.

Untuk itu, kamu membutuhkan tim media sosial yang benar-benar dapat melakukannya. Kamu membutuhkan tim inovator, kreatif, pemikir, penyelenggara, brainstormer, kolaborator, dan ahli strategi yang sangat cerdas, sangat terampil, dan siap untuk mendorong bisnis kamu ke tingkat yang lebih pesat di media sosial.

Dengan kata lain, kamu membutuhkan tim impian media sosial.

Sudah benar pahamkah kita terhadap media sosial?

Media sosial seolah lepas kendali dan berkembang lebih besar dari yang bisa kita bayangkan. Platform ini terus bertumbuh dan berubah setiap hari. Kini, lebih dari seperempat populasi dunia menggunakan media sosial, dan jumlah itu diperkirakan akan meningkat. Hanya dalam beberapa tahun, sebanyak sepertiga dari populasi global akan terhubung di media sosial.

Mengatur rencana penggunaan media sosial dan menerapkan bentuk pemasaran dalam mengembangkan bisnis kini sepenuhnya menjadi kendali startupmu.

Banyak calon… siapa yang harus dipilih?

Dengan pertumbuhan media sosial telah datang pertumbuhan pekerjaan industrinya. kamu pernah mendengar tentang orang-orang ini — “guru media sosial.”

Banyak orang mengaku memiliki keterampilan, tetapi tidak dapat menunjukkan sedikit pun untuk mendukung klaim mereka yang agung dan gelar yang dipertanyakan.

Karenanya, permainan media sosial sesungguhnya lebih sulit dari yang dibayangkan. Begitu banyak orang yang mengklaim dirinya mumpuni di dunia ini (walau nyatanya kurang terampil, ya), kini kita pun kesulitan untuk menyaring talenta terbaik di bidang ini.

Banyak jejaring sosial… mulai dari mana?

Persoalan di atas baru bicara tentang jumlah orang yang bermain dan andal menggunakan media sosial. Media sosial menjadi kian rumit dengan bentuknya yang makin beragam.

Kalau mengikuti tren konvensional, banyak saran yang mengarahkan kita memakai platform Big Four (Twitter, Facebook, Instagram, LinkedIn). Namun, masih relevankah saran ini? Apalagi media sosial kini semakin berkembang dan banyak diversifikasinya.

Banyak metrik… apa yang harus dihitung?

Dan jangan lupa tentang angka. Media sosial memiliki perhitungan ROI yang sangat licin. Berapa banyak yang kamu habiskan? Apakah kamu akan menggantinya? Seberapa cepat?

Banyak tools… apa yang harus digunakan?

Dan kemudian kamu punya masalah tools. Semua orang menjual sesuatu untuk melacak, mengembangkan, memantau, mempertahankan, melawan spam, mengotomatisasi, dan merampingkan media sosial. Apakah kamu membutuhkan alat? Berapa banyak? Jenis apa?

Sudah pusing belum…

Nah, karena kerumitannya yang sangat besar, ada baiknya kamu membentuk tim media sosial impian (cailah).

Tentu saja tidak mudah. Tetapi, untuk bisnis yang berharap bisa mencapai liga besar, jalan menuju suksesnya membutuhkan media sosial. Bagaimana caranya untuk membentuk tim media sosial yang andal dan mampu membawa kesuksesan?

Ada beberapa peran yang kamu butuhkan sehingga kamu dapat menargetkan orang yang tepat. Ada berbagai macam pengaturan kerja untuk tim impian media sosial kamu — kerja jarak jauh, kerja kontrak, kerja jangka pendek, dll. kamu bisa sekreatif yang kamu inginkan, selama kamu mendapatkan orang yang tepat untuk memberi kamu level terbaik mereka pekerjaan.

Kamu juga perlu menelaah apakah kepribadian mereka sesuai dengan ‘kepribadian’ merek startup kamu.

Ketahui kepribadian kamu (dan brand startupmu).

Setiap bisnis memiliki kepribadian, dan pendekatan kamu di media sosial harus sesuai dengan kepribadian itu. Jika kamu mengetahui kepribadian kamu, maka kamu dapat mengidentifikasi orang-orang yang tepat yang akan membantu kamu membawa kepribadian itu ke depan.

Jika kamu tidak mengetahui kepribadian kamu, maka lebih cocok mencari konsultan yang dapat membantu kamu mengetahuinya sebelum kamu mulai merekrut orang yang baru direkrut. Tim impian media sosial perlu memahami dan mengidentifikasi dengan kepribadian yang coba dikembangkan oleh bisnis kamu.

Jadi, jika startupmu belum sempat mengurus media sosial, sudah saatnya kamu membentuk tim khusus untuk membuat segala hal berkaitan dengan media sosial, mulai dari bikin akun hingga mengurus rencana editorial. Niscaya, startup-mu akan lebih mudah dikenal oleh khalayak dan siap meroket.

Belum ada kata terlambat menuju sukses, kok. 😉

. . .

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah upaya bahu membahu penggerak ekosistem startup digital Indonesia untuk saling terkoneksi, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Diinisiasi sejak 2016, gerakan ini diharapkan mendorong terciptanya mencetak startup yang menjadi solusi atas masalah dengan memanfaatkan teknologi digital. #1000StartupDigital memberikan pembinaan bagi calon founder untuk membentuk tim, membuat MVP, hingga meluncurkan produknya ke pasar.

Karena Indonesia maju, #MulaiDariKamu!

. . .

— Tulisan ini dibuat oleh Sattwika Duhita.

Bagikan artikel ini