fbpx

Taktik Growth Hacking yang Bisa Diterapkan di Startupmu

Banyak orang membicarakan tentang ‘pertumbuhan’. Untuk mendongkrak X, maka kita perlu melakukan pertumbuhan Y. Kurang lebih konsep seperti itu yang dapat diadopsi. Namun sebenarnya, jika dikaitkan dengan bisnis, masih banyak pengusaha yang masih belum jelas tentang apa itu pertumbuhan. Terlebih tentang growth hacking, serta bagaimana cara kerjanya. Memanfaatkan growth hacking secara efektif, beberapa perusahaan yang memulai dari 0 berhasil mencapai tingkat kesuksesan. Contohnya datang dari Slack, yang tumbuh dan memiliki 500.000 daily active users hanya dalam waktu setahun. Sebuah pencapaian yang luar biasa.

Growth hacking, atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan peretasan pertumbuhan, merupakan metode untuk mencari tahu cara terbaik dalam mengembangkan perusahaan. Misalnya, memanfaatkan penjenamaan (branding), pengembangan desain, statistik, hingga analitik. Growth hacking mengacu pada istilah untuk bertumbuh dengan cara yang tidak biasa, atau di luar cara konvensional pada umumnya. Taktik ini terbukti dapat mengubah permainan dan mempercepat peningkatan skala perusahaan. Beberapa taktiknya seperti yang ada di artikel berikut, sesuai yang dikutip dari artikel Forbes.com:

Menciptakan budaya pertumbuhan

Jika ingin melakukan growth hacking, kata kuncinya adalah ‘tumbuh’. Jadikan tumbuh sebagai kebiasaan dan budaya kerja. Pemimpin harus berani mendorong anggota timnya untuk mencoba hal baru. Mencoba hal baru artinya mengambil peluang lebih besar untuk bereksperimen, sekaligus mengambil risiko untuk gagal. Hadapi itu sebagai bagian dari perjalanan ketika bertumbuh.

Fokus pada keterlibatan

Agar growth hacking berhasil, semua yang berkepentingan harus terlibat ke dalam sistem. Contohnya jika ingin membuat konten, maka pelajari dulu apa kata kunci paling relevan agar pengguna mau terlibat dengan konten yang dibuat oleh kita. Kamu perlu mencari tahu, tayangan dan konten seperti apa yang mereka butuhkan dan nikmati setiap harinya. Tujuannya agar kamu berhasil membangun titik kontak penting serta hubungan yang kuat dengan mereka.

Jadikan data sebagai acuan ketika membuat keputusan

Perusahaan perlu melakukan pengelolaan pada data dengan lebih cermat dan hati-hati. Mulai sekarang, kumpulkan data tentang segala hal, misalnya perilaku pelanggan, kampanye pemasaran, angka penjualan, barang yang kurang diminati, dan lain-lain. Kamu dapat menggunakan data tersebut untuk meningkatkan kinerja atau tujuan apapun yang ingin kamu capai.

Akuisisi pelanggan

Perusahaan perlu menaruh perhatian penuh terhadap akuisisi pelanggan, karena tanpa pelanggan baru, bisnis akan sulit untuk tumbuh. Buatlah strategi yang mendukung peningkatan akuisisi pelanggan serta luangkan waktu dan investasikan sumber daya yang relevan untuk hal ini.

Mempertahankan pelanggan terbaik

Selain meningkatkan akuisisi pelanggan, perusahaan juga perlu untuk selalu mengelola pelanggan lama. Alasannya, mempertahankan pelanggan membutuhkan biaya yang lebih murah daripada mendapatkan pelanggan baru. Selain itu, pelanggan yang puas dengan pelayanan kita tentu akan dengan senang hati untuk merekomendasikan kepada rekan-rekannya untuk menggunakan produk kita. Jadi, jangan lupakan tentang retensi pelanggan sebagai bagian dari strategi pertumbuhanmu, ya.

Inovasi pemasaran secara berkelanjutan

Memenangkan persaingan di pasar tidak lepas dari upaya melakukan inovasi secara berkelanjutan. Untuk berinovasi, maka kamu perlu menciptakan budaya untuk selalu terbuka terhadap ide-ide dan mendorong para anggota tim untuk berkreasi. Dengan mengamati apa yang sedang terjadi di industri serta pergerakan trennya, kamu dapat beberapa langkah jauh lebih maju daripada pesaingmu.

Membangun merek yang kuat

Salah satu aset terbesar perusahaan adalah merek. Sebab, banyak orang yang menjatuhkan keputusan pembelian karena mereka merasa relevan terhadap merek tersebut, bukan hanya melihat dari segi produk saja. Untuk itu, kamu perlu selalu memperkuat citra merek di mata pelanggan. Perusahaan juga perlu terbuka terhadap umpan balik yang diberikan oleh pelanggan, dan teruslah meningkatkan pelayanan dan mutu produk berdasarkan data-data yang sudah didapatkan.

Merampingkan proses operasional

Growth hacking berkaitan erat dengan efisiensi, di mana semakin efisien operasional perusahaan, maka kamu akan mengeluarkan dana sesuai dengan kebutuhan. Hal ini berdampak pada semakin banyak sumber daya yang ada untuk dapat diinvestasikan kembali ke dalam inisiatif pertumbuhan.

. . .

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah upaya bahu membahu penggerak ekosistem startup digital Indonesia untuk saling terkoneksi, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Diinisiasi sejak 2016, gerakan ini diharapkan mendorong terciptanya mencetak startup yang menjadi solusi atas masalah dengan memanfaatkan teknologi digital. #1000StartupDigital memberikan pembinaan bagi calon founder untuk membentuk tim, membuat MVP, hingga meluncurkan produknya ke pasar.

Karena Indonesia maju, #MulaiDariKamu!

Bagikan artikel ini