fbpx

Mendapatkan Cakupan Media yang Lebih Luas dengan Inbound Marketing

Inbound marketing adalah teknik pemasaran yang memanfaatkan konten yang menarik dan solutif, sehingga bisnismu dapat dengan mudah ditemukan konsumen dan mereka dapat menjadi pelangganmu. Istilah inbound marketing dikemukakan oleh Brian Halligan, CEO serta co-founder Hubspot. Cara pemasaran ini banyak diterapkan secara efektif, terutama dalam bisnis yang dilakukan secara daring. Inbound marketing memanfaatkan perilaku konsumen yang sehari-hari mengkonsumsi informasi melalui internet, seperti melihat media sosial, e-mail, menggunakan mesin pencari, berselancar di situs, hingga membaca artikel blog atau artikel berita. Tidak hanya itu, ternyata inbound marketing dapat dimanfaatkan sebagai cara untuk mendapatkan cakupan media dengan lebih luas lagi. Penasaran seperti apa? Baca artikel ini sampai habis, ya!

1. Memanfaatkan konten untuk membangun jaringan pers

Titik tengah antara inbound marketing dengan public relation adalah konten. Karena, inbound marketing sangat dipengaruhi oleh kualitas konten. Dengan konten yang menarik, maka pengguna akan lebih mudah ‘datang sendiri’ tanpa perlu kita telepon terus-menerus layaknya metode outbound marketing. Selanjutnya, tahukah kamu bahwa kekuatan terbesar PR adalah kemampuan untuk mengubah informasi apa saja menjadi kisah yang menarik dengan sudut pandang yang relevan.

Jadi, inbound marketing dapat memanfaatkan kekuatan konten untuk menarik jurnalis. Contohnya dengan membuat artikel atau cerita menarik dan bernilai berita yang dapat dengan mudah ditemukan di mesin pencari dan media sosial. Dengan cara ini, maka media akan tertarik dengan value yang kita tampilkan lewat artikel atau konten yang berkualitas. Maka, mereka tak akan ragu untuk meninggalkan detail kontak agar dapat bekerja sama dengan startup tersebut.

2. Terlihat menonjol melalui mesin pencari

Ingin dihubungi oleh jurnalis karena menerbitkan tulisan yang menarik? Maka kamu perlu memanfaatkan mesin pencari. Sebab, menurut penelitian, hanya 3% jurnalis yang menyatakan sangat bergantung pada siaran pers. Jadi, hanya ‘sedikit’ jurnalis yang selalu mengandalkan siaran pers dan mengecek inbox email. Sisanya, 97% jurnalis akan mencari sumber berita lewat mesin pencari.

3. Membangun reputasi dan menjadi thought leader

Inti dari inbound marketing adalah memberikan edukasi audiens lewat konten sehingga mereka lebih mudah dalam mengambil keputusan. Jadi, tidak masalah untuk memanfaatkan keahlianmu untuk dibagikan ke audiens. Hal ini akan membantu untuk membentuk reputasimu sebagai orang yang memiliki pengetahuan dan menjadi pemimpin pemikiran.

4. Meningkatkan trafik secara organik pada konten

Manfaat dalam menggunakan strategi inbound marketing dalam public relation adalah dapat meningkatkan strategi SEO (Search Engine Optimization). Caranya adalah dengan membagikan konten melalui saluran yang kamu miliki. Maka, konten yang dibagikan tersebut akan dapat tampil bagi siapa saja yang mencari informasi sejenis menggunakan mesin pencari. Namun, tentu saja ada syaratnya. Kamu harus dapat melakukan riset kata kunci secara tepat, sehingga pengguna menemukan konten yang kamu buat. Dengan memproduksi dan berbagi konten menggunakan banyak saluran, maka akan mempermudah konten tersebut untuk ‘naik’ dan bisa dikonsumsi oleh banyak orang.

Cara di atas tidak akan ada artinya apabila konten tidak memiliki nilai yang kuat untuk dapat ditonjolkan. Karena, inbound marketing memanfaatkan kekuatan konten dengan membagikan informasi yang berguna bagi audiens yang relevan. Jadi, lakukan yang terbaik ketika kamu sedang membuat konten, ya. Semoga berhasil!


Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah upaya bahu membahu penggerak ekosistem startup digital Indonesia untuk saling terkoneksi, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Diinisiasi sejak 2016, gerakan ini diharapkan mendorong terciptanya mencetak startup yang menjadi solusi atas masalah dengan memanfaatkan teknologi digital. #1000StartupDigital memberikan pembinaan bagi calon founder untuk membentuk tim, membuat MVP, hingga meluncurkan produknya ke pasar.

Karena Indonesia maju, #MulaiDariKamu!

Bagikan artikel ini