fbpx

Mau Membuat Siaran Pers untuk Produk Baru? Masukkan 7 Komponen Kunci Ini

Menulis siaran pers artinya kamu memberikan informasi kepada media tentang perkembangan baru. Ini merupakan pernyataan tertulis singkat yang berfokus pada nilai berita.

Misalnya, dalam contoh peluncuran produk, kamu dapat menambahkan nilai berupa fakta menarik dari produk, pengembangan baru dari fitur, inovasi, atau nilai lainnya yang perlu diberitakan.

Tidak perlu merasa kesulitas saat harus menulis siaran pers. Kamu bisa menggunakan beberapa komponen penting yang harus disertakan. Kamu dapat memasukkan berbagai komponen di bawah ini untuk menarik minat jurnalis dan memberi tahu mereka informasi penting yang dibutuhkan.

1. Judul menarik

Ini syarat utama untuk menarik perhatian pembaca. Tips dalam menulis judul, kamu harus sertakan nama produk baru dan menyebutkan bahwa produk tersebut baru. Misalnya, sebuah perusahaan susu meluncurkan produk baru berupa susu bervitamin, maka judulnya bisa ditulis dengan: “Baru! Susu Kaya Gizi dengan Vitamin C, Bantu Jaga Imunitasmu”

2. Menyebutkan spesifikasi produk

Selanjutnya, di paragraf pertama kamu dapat menyebutkan nama produk dan fitur-fitur utama. Jelaskan informasi dengan jelas tentang spesifikasi teknis produk dan manfaatnya untuk pengguna. Kamu dapat menambahkan keunggulan dari produk dengan bahasa yang mudah dipahami.

3. Visual

Artikel yang menarik didukung dengan visual yang menarik dan relevan. Kamu dapat menyertakan foto produk, foto demo, atau video presentasi produk.

4. Company refreshment

Ini sangat berguna, terutama bagi merek yang masih baru. Beberapa jurnalis mungkin tidak mengenal merekmu dan memerlukan informasi latar belakang perusahaan. Dengan begitu, jurnalis akan lebih memahami mengapa produk yang baru diluncurkan ini menarik. Kamu dapat menyertakan ringkasan singkat tentang bisnismu, pernyataan misi, dan kaitannya dengan produk barumu.

5. Tautan

Jika kamu ingin memberikan informasi tambahan, tuliskan tautan yang mengarah ke landing page, halaman produk, atau postingan blog yang relevan. Kamu juga dapat mempertimbangkan untuk memberi tautan ke akun media sosial perusahaan atau produk tersebut.

6. Ketersediaan

Kapan produk tersebut dapat dibeli? Bagaimana cara membeli produk tersebut? Kamu dapat menjelaskan secara singkat dan jelas, serta tambahkan informasi yang relevan seperti harga promo atau harga member.

7. Kontak informasi

Kamu dapat menuliskan kontak perusahaan sehingga jurnalis yang tertarik untuk menanyakan pertanyaan lanjutan dapat menghubungimu. Sertakan alamat email, nomor telepon, atau kontak lain yang relevan.

Sebagai tambahan informasi, pada umumnya, siaran pers ditulis secara singkat, dengan bahasa yang mudah dipahami, dan ramah pembaca, dengan panjang sekitar 300 hingga 400 kata. Selama ada informasi tambahan yang penting, tidak masalah jika siaran pers ditulis sedikit lebih panjang daripada standarnya.

. . .

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah upaya bahu membahu penggerak ekosistem startup digital Indonesia untuk saling terkoneksi, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Diinisiasi sejak 2016, gerakan ini diharapkan mendorong terciptanya mencetak startup yang menjadi solusi atas masalah dengan memanfaatkan teknologi digital. #1000StartupDigital memberikan pembinaan bagi calon founder untuk membentuk tim, membuat MVP, hingga meluncurkan produknya ke pasar.

Karena Indonesia maju, #MulaiDariKamu!

Bagikan artikel ini