fbpx

Mau Membangun Merek Startup? Mulailah dari Sini!

Membangun merek, atau lebih populer disebut dengan istilah branding, adalah sebuah hal kompleks yang harus dibangun sejak awal. Branding pada startup lebih dari membuat logo dan kartu nama. Dilansir dari Hubspot, branding adalah proses membangun identitas, citra, dan persepsi yang unik untuk suatu produk, layanan, atau perusahaan. Branding melibatkan segala hal yang terkait dengan cara suatu entitas dipandang dan dikenal oleh publik, termasuk nilai-nilai, kepribadian, desain, komunikasi, dan pengalaman pelanggan. Nah, sebagai founder startup, gimana cara memulai membangun branding perusahaan, ya?

Branding yang dilakukan oleh perusahaan rintisan adalah upaya untuk menciptakan identitas merek yang kuat. Tujuannya agar startup dapat membedakan diri dari pesaing, membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan potensial sehingga meningkatkan kesetiaan pelanggan.

Lebih jauh dari itu, startup yang berhasil membangun branding artinya dapat mengkomunikasikan nilai-nilai, visi, misi perusahaan ke target pasar, menarik minat investor, hingga membangun kepercayaan pelanggan.

Agar langkahmu makin ringan dalam membangun branding startup, kamu dapat memulainya dengan positioning, yang menentukan kemampuan merek untuk bersaing di pasar. Secara pengertian, positioning adalah upaya untuk menempatkan produk pada benak konsumen. Merek yang paling sukses akan menyampaikan manfaat khusus dari produknya, kepada siapa mereka menawarkannya, dan mengapa manfaat tersebut penting.

Dengan melakukan hal tersebut, merek dapat merebut pangsa pasar, mendapatkan kekuatan dalam menentukan harga, hingga memperoleh pertumbuhan pendapatan yang berkelanjutan dan berulang.

Dalam memposisikan merek, startupmu juga perlu mempertimbangkan hal ini:

– Tujuan/komitmen jangka panjang terhadap nilai-nilai selain keuntungan (misalnya, inklusivitas, keberlanjutan, tujuan kemanusiaan, atau prioritas budaya)

– Atribut emosional (seperti kompeten, canggih, atau keren)

– Manfaat fungsional, atau fitur nyata dari kualitas, desain, dan variasi yang ingin diproyeksikan oleh merek.

– Kualitas pengalaman, atau hal-hal tidak berwujud (seperti konsistensi, kenyamanan, dan keahlian) yang kamu ingin munculkan dari merek.

Unsur-unsur positioning tersebut pada umumnya dikenal di kalangan pemasar dan eksekutif. Sebagian besar perusahaan mengumpulkan data untuk membantu mereka mengukur seberapa selaras persepsi pelanggan terhadap merek mereka dengan positioning yang diinginkan. Namun, jika ditilik dari sudut pandang manajemen, data tersebut tidak terlalu berguna jika tidak dihubungkan melalui ukuran yang disebut dengan tuas aktivasi (activation levers).

Pengungkit aktivasi adalah sarana yang dapat dimanfaatkan oleh startup untuk menyadari dan hidup berdasarkan pilihan posisi yang diinginkan. Ini diklasifikasikan dalam 5 kelompok umum, yakni produk, harga, tempat, orang, dan promosi.

Untuk itu, kamu memerlukan metrik yang mengukur persepsi konsumen untuk semua faktor ini, tidak hanya untuk satu atau dua, karena metrik tersebut merupakan titik kontak yang dimiliki target audiens dengan merek.

Activation levers akan memberikan dampak merek melalui dua cara, yakni:

– Secara langsung. Misalnya produk yang hebat membangun kecintaan pada merek

– Secara tidak langsung melalui positioning merek. Misalnya lewat iklan, event, hingga fitur produk yang menimbulkan kesan merek tersebut ‘keren’ sebagai atribut emosional.

Produk yang keren menciptakan merek yang keren, sehingga membangun kecintaan konsumen yang ingin merasa keren. Oleh karena itu, tugasmu adalah mampu untuk mengukur dampak langsung dan tidak langsung dari activation levers. Ini agar kamu berhasil menangkap saling ketergantungan antara positioning dan aktivasi serta dampaknya terhadap merek yang kamu bangun.

. . .

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah upaya bahu membahu penggerak ekosistem startup digital Indonesia untuk saling terkoneksi, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Diinisiasi sejak 2016, gerakan ini diharapkan mendorong terciptanya mencetak startup yang menjadi solusi atas masalah dengan memanfaatkan teknologi digital. #1000StartupDigital memberikan pembinaan bagi calon founder untuk membentuk tim, membuat MVP, hingga meluncurkan produknya ke pasar.

Karena Indonesia maju, #MulaiDariKamu!

Bagikan artikel ini