fbpx

Kunci supaya Startup-mu Melesat Pesat: Punya Tim Media Sosial yang Andal

Tak bisa dipungkiri, media sosial kini menjadi salah satu platform untuk membangun kedekatan antara startupmu dengan pengguna, bahkan hingga mempertahankan interaksi dengan mereka.

Untuk itu, kamu membutuhkan tim media sosial yang benar-benar dapat melakukannya. Kamu membutuhkan tim inovator, kreatif, pemikir, penyelenggara, brainstormer, kolaborator, dan ahli strategi yang sangat cerdas, sangat terampil, dan siap untuk mendorong bisnis kamu ke tingkat yang lebih pesat di media sosial.

Dengan kata lain, kamu membutuhkan tim impian media sosial.

Sudah benar pahamkah kita terhadap media sosial?

Media sosial seolah lepas kendali dan berkembang lebih besar dari yang bisa kita bayangkan. Platform ini terus bertumbuh dan berubah setiap hari. Kini, lebih dari seperempat populasi dunia menggunakan media sosial, dan jumlah itu diperkirakan akan meningkat. Hanya dalam beberapa tahun, sebanyak sepertiga dari populasi global akan terhubung di media sosial.

Mengatur rencana penggunaan media sosial dan menerapkan bentuk pemasaran dalam mengembangkan bisnis kini sepenuhnya menjadi kendali startupmu.

Banyak kandidat… siapa yang harus dipilih?

Dengan pertumbuhan media sosial yang pesat, pertumbuhan pekerjaan di industri ini pun kian melesat. Mungkin, kamu pernah mendengar tentang orang-orang ini — “guru media sosial.”

Melalui sebuah survei informal di Twiiter, B.L. Ochman menghitung kurang dari 300 juta orang yang memiliki kemampuan ini.

Banyak orang mengaku memiliki keterampilan, tetapi tidak dapat menunjukkan sedikit pun untuk mendukung klaim mereka yang agung dan gelar yang dipertanyakan.

Seperti yang disesalkan Adam Tinworth: “Pause. Consider that. Despair for humanity.”

Karenanya, permainan media sosial sesungguhnya lebih sulit dari yang dibayangkan. Begitu banyak orang yang mengklaim dirinya mumpuni di dunia ini (walau nyatanya kurang terampil, ya), kini kita pun kesulitan untuk menyaring talenta terbaik di bidang ini.

Banyak jejaring sosial… mulai dari mana?

Persoalan di atas baru bicara tentang jumlah orang yang bermain dan andal menggunakan media sosial. Media sosial menjadi kian rumit dengan bentuknya yang makin beragam.

Kalau mengikuti tren konvensional, banyak saran mengarahkan kita memakai platform Big Four (Twitter, Facebook, Instagram, LinkedIn). Namun, masih relevankah saran ini? Apalagi media sosial kini semakin berkembang dan banyak diversifikasinya.

Banyak metrik… apa yang harus dihitung?

Dan jangan lupa tentang angka. Media sosial memiliki perhitungan ROI yang terbilang rumit. Berapa banyak yang kamu habiskan? Apakah kamu akan menggantinya? Seberapa cepat?

Banyak tools… mana yang harus digunakan?

Dan kemudian kamu punya masalah tools. Semua orang menjual sesuatu untuk melacak, mengembangkan, memantau, mempertahankan, melawan spam, mengotomatisasi, dan merampingkan media sosial. Apakah kamu membutuhkan alat tersebut? Berapa banyak? Jenis apa?

Sudah pusing belum…

Nah, karena kerumitannya yang sangat besar, ada baiknya kamu membentuk tim media sosial impian (cailah).

Tentu saja tidak mudah. Tetapi, untuk bisnis yang berharap bisa mencapai liga besar, jalan menuju suksesnya membutuhkan media sosial. Bagaimana caranya untuk membentuk tim media sosial yang andal dan mampu membawa kesuksesan?

Ada beberapa peran yang kamu butuhkan dan kamu dapat mulai menargetkan orang yang tepat. Ada berbagai macam pengaturan kerja untuk tim impian media sosial kamu — kerja jarak jauh, kerja kontrak, kerja jangka pendek, dll. kamu bisa sekreatif yang kamu inginkan, selama kamu mendapatkan orang yang tepat untuk memberi kamu level terbaik mereka pekerjaan.

Kamu juga perlu menelaah apakah kepribadian mereka sesuai dengan ‘kepribadian’ produk startup kamu.

Ketahui kepribadian kamu (dan brand startupmu).

Setiap bisnis memiliki kepribadian, dan pendekatan kamu di media sosial harus sesuai dengan kepribadian itu. Jika kamu mengetahui kepribadian kamu, maka kamu dapat mengidentifikasi orang-orang yang tepat yang akan membantu kamu membawa kepribadian itu ke depan.

Jika kamu tidak mengetahui kepribadian kamu, maka ada baiknya mencari konsultan yang dapat membantu kamu untuk memahami kepribadian brandmu sebelum kamu mulai merekrut orang yang baru direkrut. Tim impian media sosial perlu memahami dan mengidentifikasi dengan kepribadian yang tengah dikembangkan oleh bisnis kamu.

Jadi, jika startupmu belum sempat mengurus media sosial, sudah saatnya kamu membentuk tim khusus untuk membuat segala hal berkaitan dengan media sosial, mulai dari bikin akun hingga mengurus rencana editorial.

Ingat, tak ada kata terlambat menuju sukses, kok. 😉

Referensi:
https://www.startups.com/library/expert-advice/how-to-assemble-a-social-media-dream-team

. . .

— Tulisan dibuat oleh Sattwika Duhita.

Bagikan artikel ini