fbpx

Inspirasi 10 Company Values dari Berbagai Perusahaan di Dunia

Berbicara tentang company values atau nilai perusahaan, menjadi penting diaplikasikan di startup. Ini karena company values akan memandu atau menjadi pegangan paling dasar yang membantu startupmu untuk mencapai tujuan bersama.

Company values pada umumnya berkaitan dengan bisnis, bagaimana cara memperlakukan pelanggan, serta bagaimana perusahaan bisa berkembang. Secara tidak langsung, merumuskan company values artinya mengkomunikasikan prinsip kepada karyawan dan juga konsumen. Lebih dari itu, company values juga berpengaruh pada pembuatan keputusan perusahaan dan juga budaya yang berkembang di perusahaan.


Sebagai inspirasi, berikut adalah 10 company values dari berbagai perusahaan di dunia.

Bukalapak

  • Go the extra mile (berjuang lebih jauh)
  • Customer obsessed (berorientasi dengan pelanggan)
  • Speak up (berani berbicara)
  • Gotong royong
  • Try, fail, and try again (eksperimen dan tidak takut gagal)

Tokopedia

  • Focus on consumer (fokus pada konsumen)
  • Growth mindset (pola pikir yang berkembang)
  • Make it happen, make it better (wujudkan dan jadikan
    lebih baik)

Traveloka

  • Dedication (dedikasi)
  • Intellectual honesty (kejujuran intelektual)
  • Curiosity (keingintahuan)
  • Empathy (empati)
  • Humility (rendah hati)

Gojek

  • Speed (kecepatan)
  • Innovation (inovasi)
  • Social impact (dampak sosial)

Microsoft

  • Innovation (inovasi)
  • Diversity and inclusion (keragaman dan inklusif)
  • Corporate social responsibility (tanggung jawab sosial perusahaan)
  • Philanthropies (filantropi)
  • Environment (lingkungan)
  • Trustworthy computing (komputasi yang terpercaya)

Slack

  • Empathy (empati)
  • Courtesy (santun)
  • Thriving (berkembang)
  • Craftsmanship (ahli)
  • Playfulness (kegembiraan)
  • Solidarity (solidaritas)

Apple

  • Accessibility (aksesibilitas)
  • Education (pendidikan)
  • Environment (lingkungan)
  • Inclusion and diversity (inklusif dan keragaman)
  • Privacy (kebebasan pribadi)
  • Supplier responsibility (tanggung jawab pengembang)

Nike

  • We dare to design the future of sport (kami berani merancang masa depan dari aktivitas olahraga)
  • A team that’s empowered, diverse, and inclusive (tim saling menguatkan, beragam, & inklusif)
  • The world is our community (dunia adalah komunitas bersama)
  • A fair sustainable future for every athlete (masa depan yang adil dan berkelanjutan untuk setiap atlet)

Amazon

  • Customer obsession (obsesi terhadap konsumen)
  • Ownership (kepemilikan) Invent and simplify (ciptakan dan sederhanakan)
  • Learn and be curious (belajar dan terus cari tahu)
  • Think big (berpikir besar)

Google

  • Focus on the user and all else will follow (fokuslah kepada user dan semuanya akan mengikuti)
  • It’s best to do one thing really, really well (lakukan satu hal dengan sebaik mungkin)
  • Fast is better than slow (cepat lebih baik daripada lambat)
  • Democracy on the web works (kebebasan dalam menggunakan internet)
  • You don’t need to be at your desk to need an answer (jawaban atau solusi bisa dicari selain dari meja kerja)
  • You can make money without doing evil (buatlah keuntungan tanpa harus berbuat kurang pantas)

Setelah melihat beberapa referensi di atas, mungkin kamu bertanya-tanya tentang, “berapa company values yang
harus dibuat?”

Idealnya, company values berjumlah tiga hingga sepuluh poin. Usahakan agar company values ditulis secara jelas dan mudah diingat.

Kemudian, dari company values yang ada, yang terpenting adalah bagaimana startup dapat mengembangkan nilai-nilai tersebut dengan bekerja bersama tim dan mencapai tujuan perusahaan.

. . .

Artikel ini telah terbit pada Buku Saku RINTISAN Edisi 5: Budaya Startup. Silakan klik link ini untuk membaca artikel eksklusif lainnya di RINTISAN.

Bagikan artikel ini