fbpx

Indorelawan: Menghubungkan Komunitas dan Relawan

VISI

Gotong-Royong Menjadi Bagian dari Gaya Hidup Anak Muda Indonesia

MOTTO

Kegiatan relawan menjadi gaya hidup bagi anak muda di Indonesia.

FOKUS UTAMA

Memberikan edukasi tentang pengelolaan relawan dan juga wadah untuk berkolaborasi.

FOUNDER

Widharmika Agung, Zaky Prabowo, Retha Dungga, Ari Awan

WEBSITE

www.indorelawan.org

DIDIRIKAN PADA

2013

JUMLAH PENGURUS AKTIF

6 orang

JUMLAH MEMBER

224,607 relawan dan 3,581 organisasi/komunitas sosial (per September 2021)

Bagaimana awal mula/latar belakang Indorelawan didirikan?

Indorelawan terbentuk karena pengalaman Djuanita Agung, istri dari Widharmika Agung semasa menemaninya di Amerika Serikat. Karena tidak memiliki izin kerja atau pun kegiatan, Djuanita kemudian mencari kesibukan dengan menjadi volunteer di berbagai organisasi. Mencari kegiatan relawan ketika di Amerika Serikat sangat mudah karena ada beragam website yang menawarkan pelayanan tersebut, beda ceritanya ketika mereka ingin melakukan hal yang sama di Indonesia. Dari sinilah konsep Indorelawan muncul.

Seiring Indorelawan tumbuh, kami pun mulai menemukan lagi bahwa tujuan Indorelawan tidak hanya sebagai pemberi informasi mengenai kesempatan untuk jadi relawan, namun juga memberikan edukasi tentang pengelolaan relawan dan juga wadah untuk berkolaborasi.

Indorelawan berdiri pada tahun 2013, saat itu kita sudah berbadan Yayasan dan masih belum memiliki website. Pada tahun tersebut, kita lebih banyak menggunakan e-newsletter dan FB untuk menjaring organisasi maupun relawan untuk menggunakan wadah ini. Di tahun 2014, website 1.0 diluncurkan dan April 2015 website 2.0 (website yang sekarang) diluncurkan.

Apa visi yang ingin dicapai Indorelawan?

VISI

Gotong-royong menjadi bagian dari gaya hidup anak muda Indonesia.

MISI

  • Menyediakan Pasar Aksi Baik
    Membuat proses mencari relawan dan aktivitas sosial menjadi lebih mudah melalui platform teknologi yang kami bangun yakni Indorelawan.org
  • Membuat Kampanye Gotong Royong
    Menghidupkan kembali nilai gotong royong dengan meningkatkan ketertarikan anak muda untuk terlibat menjadi relawan dalam aktivitas sosial. Baik melalui kampanye di media sosial maupun kolaborasi lintas sektor
  • Pemberdayaan Organisasi Sosial
    Meningkatkan kemampuan organisasi sosial dalam bekerja dengan relawan dengan mengadakan berbagai pelatihan manajemen relawan dan pembuatan modul mengenai manajemen organisasi serta mendorong terjadinya kolaborasi antar isu sosial

Indorelawan adalah organisasi nirlaba berbasis online yang membuat kolaborasi antara relawan dengan organisasi/komunitas dengan misi sosial menjadi lebih mudah. Kami percaya bahwa perubahan yang bermakna untuk Indonesia hanya akan dapat tercapai jika lebih banyak orang yang terlibat dalam aktivitas sosial. Bukan dengan uang mereka, melainkan dengan tenaga. Salah satu mimpi terbesar kami adalah melihat kegiatan menjadi relawan sebagai gaya hidup. Di mana relawan bukan lagi kegiatan sosial yang eksklusif tapi sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia.

Siapa saja yang ditargetkan untuk bergabung dalam jejaring Indorelawan?

Semua orang BISA jadi relawan! Prinsip kami, siapapun bisa menjadi relawan. Mau selfie saat jadi relawan? Boleh! Mau cari jodoh saat jadi relawan? Boleh banget! Tidak perlu tunggu mapan, tunggu banyak waktu luang atau tunggu hati seputih salju kok buat jadi relawan. Yang penting adalah kerja dan berkomitmen sesuai aktivitas yang sudah kamu pilih.

Apa saja program yang dijalankan oleh Indorelawan?

Semua orang BISA jadi relawan! Prinsip kami, siapapun bisa menjadi relawan. Mau selfie saat jadi relawan? Boleh! Mau cari jodoh saat jadi relawan? Boleh banget! Tidak perlu tunggu mapan, tunggu banyak waktu luang atau tunggu hati seputih salju kok buat jadi relawan. Yang penting adalah kerja dan berkomitmen sesuai aktivitas yang sudah kamu pilih.

Kegiatan rutin Indorelawan adalah “biro jodoh” antara relawan dan organisasi/komunitas sosial. Kegiatan yang biasa kami lakukan adalah memfasilitasi organisasi/komunitas sosial untuk mencari relawan melalui wadah online kami (www. indorelawan.org). Semua lowongan jadi relawan dan pendaftaran sebagai relawan dilakukan secara online. Kami mendukung segala isu sosial mulai dari pendidikan, lingkungan, kesehatan, hingga hak asasi manusia maupun kesejahteraan hewan. Jadi, kegiatan yang ada di website kami, tidak dimiliki oleh Indorelawan, melainkan kami adalah pihak ketiga yang menjembataninya.

Organisasi sosial dapat mencari relawan dengan deskripsi pekerjaan apapun, dapat semudah membersihkan sampah di sepanjang jalan CFD atau menjadi videographer untuk pembuatan kampanye video organisasi. Sedangkan relawan dapat memilih sendiri kegiatan mana yang sesuai dengan ketersediaan waktu/jarak lokasi/isu yang diminati/ keterampilan yang dimiliki. Relawan memilih sendiri kegiatan yang sesuai dengan mereka.

Indorelawan memiliki beberapa fitur di dalam website yang memudahkan komunikasi antara relawan dan organisasi, maupun kolaborasi antar organisasi/komunitas, membuat Indorelawan tidak hanya tempat untuk mencari informasi namun juga tempat untuk mengelola relawan.

Apa rencana program kedepannya yang ingin dijalankan oleh Indorelawan?

Merespon pandemi, kami berkolaborasi dengan banyak pihak menginisiasi program Generasi Bebas Covid-19 (program relawan cepat tanggap untuk merespon pandemi Covid-19) dan #WargaBantuWarga dapat dipelajari di https://www.wargabantuwarga.com/. Di luar itu, Indorelawan memiliki mimpi untuk mencapai 1 juta relawan untuk Indonesia (saat ini ada sekitar 200 ribu relawan di platform kami) dalam 4 tahun ke depan. Semakin banyak relawan yang membantu, semakin banyak organisasi sosial yang terbantu, dan permasalahan sosial perlahan dapat terselesaikan.

. . .

Info Lebih Lanjut

Email: [email protected]

Telepon/SMS/WA: 0811-9777-140

Media Sosial:

  • Facebook : @Indorelawan
  • Instagram :@indorelawan
  • Twitter : @indorelawan
  • Youtube : Indorelawan
  • Website :indorelawan.org

. . .

Artikel ini telah terbit pada Buku Saku RINTISAN Edisi 13: Fintech. Silakan klik link ini untuk membaca artikel eksklusif lainnya di RINTISAN.

Bagikan artikel ini