Pada zaman sekarang sangat penting untuk meningkatkan loyalitas pelanggan agar bisnismu bisa bertahan seiring waktu. Diperlukan basis pelanggan setia untuk mendorong pertumbuhan brand-mu.
Jika brand kamu punya value yang besar, pelanggan akan kembali secara konsisten. Inilah yang dinamakan retensi pelanggan, yaitu mengubah pelanggan menjadi pembeli berulang. Namun, diperlukan komitmen yang kuat dan cara yang benar agar dapat mewujudkannya. Berikut ini kami bagikan cara meningkatkan loyalitas pelanggan untuk bisnismu.
1. Komunikasikan value dari brand kamu
Cara pertama untuk meningkatkan loyalitas pelanggan adalah dengan mengomunikasikan value dari brand kamu. Dimulai dengan memahami apa saja value yang layak untuk menunjang loyalitas pelangganmu. Fokuskan dirimu pada segala hal yang dapat membuat brand kamu menonjol. Tak lupa buat strategi pemasaran agar brand kamu lebih unggul dari kompetitor, cari tahu tujuan utama brand kamu, dan lihat apakah value yang kamu tawarkan selaras dengan kebutuhan pelanggan.
2. Berikan pelayanan ekstra kepada pelanggan
Orang-orang memiliki harapan yang tinggi terhadap kualitas pelayanan sebuah brand. Sebab itu, kamu perlu memberikan pelayanan ekstra kepada pelanggan agar kamu dapat meningkatkan loyalitas mereka. Ciptakan pengalaman terbaik entah itu untuk pelanggan lama maupun pelanggan baru. Pengalaman ini mencakup segala hal tentang cara pelanggan berinteraksi denganmu, termasuk saat pertama kali mereka membuka situs webmu, hingga saat mereka menelepon customer service.
Untuk meningkatkan minat pelanggan dengan lebih cepat, mulailah dengan memperluas penawaran channel. Pilih pendekatan omnichannel agar kamu bisa memberikan pengalaman yang cepat dan bermanfaat kapan pun dan di mana pun pelanggan menjangkau brand kamu. Omnichannel adalah pendekatan penjualan multichannel yang berfokus memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan saat belanja, baik secara online maupun offline.
3. Berikan “hadiah” kepada pelanggan
Coba dorong pelanggan untuk melakukan pembelian berulang agar dapat meningkatkan loyalitas mereka. Supaya mereka tertarik melakukan pembelian berulang, berikan penawaran menarik seperti diskon, fasilitas khusus, atau keuntungan sebagai pelanggan tetap. Contoh sistem yang bisa kamu terapkan yaitu voucer digital.
Dengan memberikan “hadiah” kepada pelanggan, mereka akan senang membeli produkmu dan termotivasi untuk terus melakukan pembelian berulang. Program loyalitas seperti ini dapat membantu pelangganmu merasa lebih diapresiasi.
4. Meminta umpan balik dari pelanggan
Cara meningkatkan loyalitas pelanggan berikutnya adalah dengan meminta feedback atau umpan balik setiap ada kesempatan. Kamu bisa membuat customer satisfaction survey atau survei kepuasan pelanggan untuk dijadikan sebagai indikasi seberapa puas pelanggan dengan bantuan yang mereka terima darimu. Selain survei, kamu juga bisa melihat interaksi di media sosial dan menganalisis ulasan online.
Tidak ada yang suka mendapatkan ulasan negatif, tetapi ulasan negatif sebenarnya dapat membantumu untuk mengetahui bagian mana yang perlu ditingkatkan.
5. Tingkatkan pengalaman pelanggan
Dunia terus mengalami perubahan, jadi kamu harus terus memeriksa brand identity atau identitas merek beserta value yang ingin kamu tawarkan, tujuannya agar brand kamu selalu mampu memenuhi kebutuhan pelanggan. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari peningkatan kualitas secara berkelanjutan untuk mendorong loyalitas mereka.
Seperti di poin sebelumnya, kamu bisa mengetahui umpan balik dengan berbicara dengan pelangganmu. Perhatikan baik-baik keluhan mereka, karena keluhan tersebut dapat menjadi pertanda sehat atau tidaknya hubungan mereka dengan brand kamu.
Ingatlah bahwa perilaku dan kebutuhan pelanggan bisa berubah dalam sekejap, jadi kamu harus selalu siap kapan pun perubahan itu tiba, entah itu beberapa bulan atau beberapa tahun mendatang.
Nah, itu dia cara meningkatkan loyalitas pelanggan untuk bisnismu. Coba terapkan cara di atas agar bisnismu bisa menghadapi perubahan seiring waktu. Selamat mencoba, founders!
. . .
Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah upaya bahu membahu penggerak ekosistem startup digital Indonesia untuk saling terkoneksi, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.
Diinisiasi sejak 2016, gerakan ini diharapkan mendorong terciptanya mencetak startup yang menjadi solusi atas masalah dengan memanfaatkan teknologi digital. #1000StartupDigital memberikan pembinaan bagi calon founder untuk membentuk tim, membuat MVP, hingga meluncurkan produknya ke pasar.
Karena Indonesia maju, #MulaiDariKamu!
Bagikan artikel ini