Sampaikan secara efektif agar calon investor dan calon mitra kerjamu terpikat.
Elevator pitch merupakan penjelasan tentang dirimu dan bisnismu selama 30–60 detik. Biasanya digunakan saat kamu akan berkomunikasi kepada calon investor, calon mitra kerja, atau calon konsumen. Elevator pitch yang dibuat baik, bisa membuka kesempatan startup-mu untuk lebih berkembang lagi. Jadi, sebenarnya apa saja yang harus kamu sampaikan dalam waktu singkat agar memikat dan bisa mengikat siapa pun yang mendengarnya?
Sebenarnya kamu hanya butuh 3 komponen pada elevator pitch-mu.
1. Permasalahan yang mau diselesaikan
Salah satu kriteria startup atau bisnis yang baik yaitu bisa menjelaskan secara rinci permasalahan yang mau dituntaskan. Dalam mendefinisikan permasalahan, ada baiknya kamu pilih permasalahan terbesar yang startup-mu bisa selesaikan. Mendefinisikan permasalahan terbesar bisa kamu lihat dari jumlah orang yang terimbas dari masalah tersebut, kamu bisa menyebutkan angka pada saat menjelaskan bagian ini. Penyebutan angka akan menambah kesan permasalahan ini memang layak untuk dipecahkan.
Sebagai contoh, permasalahan yang diselesaikan oleh Netflix. Kamu bisa gunakan kalimat:
“Saat ini, nonton di bioskop jadi kegiatan yang merepotkan karena harus mengunjungi mall terdekat dan memakan waktu dalam perjalanannya. Ditambah dengan kondisi pandemi, orang jadi lebih khawatir bertemu banyak orang di tempat tertutup seperti bioskop”.
2. Solusi yang ditawarkan
Langkah selanjutnya, sampaikan jalan keluar yang bisa startup-mu berikan untuk permasalahan tadi. Ini jadi bagian tersulit karena kamu tetap harus menjelaskannya dengan kalimat yang padat agar tidak memakan waktu banyak, kamu bisa gunakan 25–30 detik untuk mengutarakan solusi.
Masih dengan contoh Netflix, pada penjelasan solusi kamu bisa mengatakan:
“Netflix memungkinkan siapa saja menikmati ribuan judul film yang bisa ditonton langsung dari rumah mereka”.
3. Ukuran pasar yang ditargetkan
Hal ini jadi bagian terpenting dalam elevator pitch kamu, calon investor akan langsung terbayang dengan pertumbuhan startup-mu. Ukuran pasar dibagi menjadi 3, mulai dari yang terbesar yaitu Total Addressable Market (TAM), mengerucut menjadi Served Addressable Market (SAM), dan saringan terakhir disebut target market. Pada elevator pitch, sebutkan Total Addressable Market agar calon investor mendapat gambaran berapa banyak orang yang berpotensi menggunakan produk atau layananmu.
. . .
Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah sebuah gerakan untuk mewujudkan potensi Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia dengan mencetak startup yang menjadi solusi atas masalah dengan memanfaatkan teknologi digital.
Diinisiasi sejak 2016, #1000StartupDigital berfokus mendorong early-stage startup pada sektor agrikultur, kesehatan, pendidikan, pariwisata, logistik, dan maritim.
Karena Indonesia maju, #MulaiDariKamu!
. . .
— Tulisan dibuat oleh Mayasti Dwidya Nastiti.
Bagikan artikel ini