fbpx

Tugas Seorang Desainer pada Tahap Awal

Puas atau tidaknya pengguna ketika menggunakan produk digital salah satunya ditentukan dari peran desainer di baliknya. Bagaimana tidak, desain menjadi salah satu elemen yang paling penting dalam sebuah produk digital. Maka tidak heran jika desainer merupakan orang yang punya tanggung jawab besar ketika sebuah produk diluncurkan.

Jadi, apa saja tugas desainer pada tahap awal berdirinya startup? Bagaimana peran desainer dalam perjalanan sebuah startup?

Bekerja sama dengan Apple Developer Academy dalam Breakout Session di Ignition Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, acara ini dibawakan oleh moderator Adityo Nugroho, Marketing Section Head at Apple Developer Academy. Hadir sebagai pembicara yaitu John Keating sebagai Design Facilitator dan Geraldio Tosca, UI/UX Monecate App.

1000 x Apple Developer Academy: Tugas Seorang Desainer pada Tahap Awal Startup

Artikel di bawah ini merangkum diskusi hangat mereka yang bisa kamu baca di sini:

Berbicara tentang desainer, ternyata tidak hanya berkaitan dengan orang yang ahli mendesain dan mahir dalam urusan seni. Desainer dalam ranah bisnis startup lebih tepatnya adalah orang yang dapat menyelesaikan permasalahan pengguna menggunakan keterampilan desain.

Lalu, seperti apa peran seorang desainer agar dapat menyelesaikan permasalahan pengguna? Yang pertama tentu saja dekat dengan mereka. Desainer perlu memahami siapa saja pengguna produknya, personanya seperti apa, apa saja masalah yang mereka hadapi, serta alternatif solusi apa yang bisa desainer ciptakan. Karena, desainer, terutama yang bekerja pada startup di tahap awal sering terjebak dan mendesain untuk dirinya sendiri, bukan untuk pengguna.

Tips yang kedua yaitu mengembangkan T-shape skills. Bayangkan bentuk huruf T. Garis vertikalnya menandakan bahwa desainer perlu mendalami ilmunya agar semakin mahir dan menguasai bidang desain. Kemudian, garis horizontalnya menunjukkan bahwa desainer perlu mengetahui dan mengerti apa saja yang dilakukan oleh anggota tim yang lain. Bagaimana produk ke depannya, serta mana saja yang mungkin sulit untuk diimplementasikan anggota tim yang lain. Desainer tidak bisa bekerja seorang diri. Ia perlu berkolaborasi misalnya dengan copywriter, researcher, hingga programmer untuk dapat membuat produk.

Tips ketiga adalah desainer sebaiknya mengupayakan untuk dapat kerja secara rapi dan konsisten. Karena desain yang dibuat tidak untuk dilihat oleh diri sendiri. Tentu saja banyak atribut yang perlu diperhatikan seperti komponen, elemen, spacingcolorname, handoff, dan lain-lain.

Tips selanjutnya tentang peran desainer adalah terus belajar dan latihan, serta tidak lupa untuk berbagi dan berkolaborasi. Banyak tools, cara, hingga metode baru yang dapat dikulik dan dipelajari lebih dalam agar ilmu yang dimiliki dapat bermanfaat ketika membangun sebuah produk.

Dalam bekerja, desainer perlu memupuk semangatnya dan percaya dengan kontribusi yang diberikan. Karena jika desainer tidak percaya dengan karyanya, bagaimana bisa meyakinkan pengguna untuk dapat percaya dan menggunakan produk tersebut. Desainer membutuhkan rasa percaya diri bahwa ia bisa menjadi seorang problem solver.

Jangan lupa untuk terus mengasah skill dalam berkomunikasi. Karena mahir saja tidaklah cukup. Contohnya desainer perlu banyak berdiskusi dengan tim IT dan bisnis. Dengan komunikasi yang baik, maka desainer dapat menyampaikan ide dan dapat diakomodir dengan lebih mudah oleh tim lainnya ketika proses pengembangan ide berlangsung.

Kamu ingin #RintisSolusiDigital dan membuat startup, namun masih bingung harus mulai dari mana? Mari rintis startupmu bersama mentor dan praktisi digital dengan bergabung di Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Cari tahu lebih lanjut dengan mengunduh aplikasinya sekarang di Play Store dan App Store atau kunjungi http://1000startupdigital.id/aplikasi

Buka dan telusuri aplikasi #1000StartupDigital untuk terus update dan ikuti programnya sekarang, yuk!

. . .

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah upaya bahu membahu penggerak ekosistem startup digital Indonesia untuk saling terkoneksi, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Diinisiasi sejak 2016, gerakan ini diharapkan mendorong terciptanya mencetak startup yang menjadi solusi atas masalah dengan memanfaatkan teknologi digital. #1000StartupDigital memberikan pembinaan bagi calon founder untuk membentuk tim, membuat MVP, hingga meluncurkan produknya ke pasar.

Karena Indonesia maju, #MulaiDariKamu!

Bagikan artikel ini