Apa jadinya sebuah startup tanpa cerita yang mengiringi langkahnya?
***
Dalam dunia startup, kemampuan bercerita menjadi salah satu kunci kesuksesan; baik dalam membangun ketenaran, hingga mendapatkan funding yang diinginkan.
Setiap promosi — baik itu untuk VC atau prospek penjualan — adalah sebuah cerita. Cerita yang baik alur yang menarik dan mampu menghubungkan pendengar dengan tujuan yang ingin dicapai oleh startup. Salah satu faktor nomor utama yang menentukan kesuksesan cerita startupmu: Antusiasme.
Dalam banyak kasus, sebuah cerita berhasil ketika kamu menghubungkan ide atau tindakan yang lebih kecil dengan sesuatu yang lebih besar — tujuan, gerakan, emosi. Hal ini berkaitan dengan bagaimana kamu membuat orang mengikutimu dalam sebuah perjalanan yang tengah kamu lalui; apakah mereka pelanggan yang mengikuti kamu melalui produk kamu, atau karyawan yang setuju dengan jam kerja awal yang melelahkan untuk menjadi bagian dari visi kamu. Keterampilan ini begitu penting bahkan sejak startupmu baru memiliki satu karyawan saja, sebab kamu bertanggung jawab menjaga mereka tetap terhubung dengan impian tentang apa yang kamu bangun bersama — melalui masa-masa tersulit. kamu harus melihatnya sebagai bagian integral dari pekerjaan kamu, sama atau bahkan lebih penting daripada keterampilan produk, teknik, atau desain kamu.
Lantas, apa hal yang membuat sebuah cerita tentang startup serta produknya menjadi begitu manis dan menarik didengar audiens?
- Menghubungkan ke Misi
Motivasi utama yang kerap menggerakkan seseorang adalah ketika mereka merasa sedang melakukan dan berkontribusi terhadap sesuatu yang penting. Motivasi seperti ini menjadi bagian dari kekuatan utama perusahaan. “Setiap tempat yang saya kunjungi, ada masa-masa sulit dan memanfaatkan dorongan ini adalah alasan terpenting kami mempertahankan bakat dan berhasil melewatinya. Ketika saya berada di Marinir, kami mengalami banyak hari-hari sulit yang tak terbayangkan, “ ujar Don Faul, CEO perusahaan teknologi olahraga Athos. Baginya, cerita yang berhasil menghubungkan misi dan motivasi kerja anggota tim akan membuat segenal tim merasa yakin bahwa pekerjaannya begitu penting, dan oleh karena itu komitmen terhadap pekerjaan menjadi sangat penting.
2. Memperkuat Emosi
Selain menggarisbawahi tujuan, cerita yang bagus membangkitkan emosi — emosi manusia yang nyata dan apa adanya.
Ingat juga bahwa orang menempelkan emosi pada individu dan kerap menyelami dunia melalui mata orang lain. Semakin banyak kamu dapat menceritakan kisah tentang orang-orang nyata yang terhubung dengan tujuan yang lebih dalam, semakin banyak audiens kamu akan merasa dan tidak hanya mendengar apa yang kamu coba sampaikan kepada mereka.
Misalnya, kamu dapat menyoroti pekerjaan satu anggota tim secara khusus, dan menjelaskan bagaimana hal itu mendorong seluruh perusahaan lebih dekat ke metrik penting perusahaan. Kamu dapat menekankan tingkat keahlian yang mereka bawa ke pekerjaan mereka, bagaimana mereka membantu rekan satu tim yang membutuhkan, bagaimana kedalaman kepercayaan mereka pada perusahaan menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Ketika kamu berbicara tentang perasaan tulus yang dimiliki seseorang, kamu membantu orang lain memahami apa yang dirasakan orang lain dan berada di tempat emosional yang sama.
3. Menunjukkan bahwa kamu fokus memperbaiki diri demi melayani
Latihan akan membuat semua perbedaan pada kualitas cerita yang kamu ceritakan. Faul ingat ketika dia pertama kali mulai fokus pada storytelling di Google, dia sering terlihat kering dan tidak terlalu menginspirasi. Dia meluangkan waktu berjam-jam untuk mengolah ceritanya menjadi lebih mengalir dan apa adanya. Tapi dia tidak bisa melakukan ini tanpa menemukan dorongannya sendiri — dan dorongan tersebut berasal dari keinginan melayani anggota timnya.
“Saya sangat percaya bahwa para pemimpin di perusahaan harus melayani anggota timnya. Mereka perlu memastikan bahwa mereka memiliki semua yang mereka butuhkan untuk berhasil,” kata Faul. “Salah satu kebutuhan paling kritis yang mereka miliki adalah gambaran lengkap tentang mengapa mereka harus muncul dan mencurahkan hati mereka ke dalam pekerjaan mereka setiap hari. Itu tidak baik untuk dimiliki, itu kebutuhan dasar.”
Jika kamu mengalami kesulitan dalam memprioritaskan penceritaan di perusahaan kamu, ia merekomendasikan untuk membingkai ulang keterampilan dengan cara ini. Ini adalah layanan yang kamu berikan kepada karyawan kamu — lebih penting daripada katering makan siang atau peralatan hebat. Berikan waktu pada tingkat kepentingan itu.
4. Menempatkan Diri kamu di Tempat Mereka
Anggota tim akan semakin semangat bekerja ketika mendengar cerita apa pun yang menunjukkan bahwa kamu pernah berada di tempat mereka sebelumnya, dan bahwa kamu — sebagai pemimpin mereka — memahami pengalaman mereka. Mereka ingin tahu bahwa orang-orang yang membentuk strategi dan membuat keputusan bagi mereka pernah berada di sepatu yang sama dan memahami dampak keputusan mereka terhadap orang-orang.
Mereka ingin tahu bahwa mereka berada di jalan yang sama menuju kesuksesan. Mereka ingin merasa aman, didengar, dan dihargai. Semakin kamu dapat menjelaskan bahwa kamu pernah berada di posisi mereka dan menghadapi jenis tantangan yang mereka hadapi, maka cerita kepemimpinan kamu akan semakin efektif.
Kamu perlu menunjukkan bahwa sebagai pemimpin, kamu mampu merasakan frustrasi, ketakutan, stres, dan kekecewaan yang dihadapi tim kamu di sepanjang jalan. Sebagai seorang manajer, kredibilitasmu datang dari menyediakan peta jalan bagi anggota tim untuk bertahan dan tumbuh lebih kuat dari tantangan serupa.
Empat hal di atas adalah formula utama yang bisa mengantar startupmu ke puncak kesuksesan: membangun cerita inspiratif yang mampu menggerakkan anggota tim dan audiensmu.
Selamat bercerita, founders!
. . .
Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah upaya bahu membahu penggerak ekosistem startup digital Indonesia untuk saling terkoneksi, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.
Diinisiasi sejak 2016, gerakan ini diharapkan mendorong terciptanya mencetak startup yang menjadi solusi atas masalah dengan memanfaatkan teknologi digital. #1000StartupDigital memberikan pembinaan bagi calon founder untuk membentuk tim, membuat MVP, hingga meluncurkan produknya ke pasar.
Karena Indonesia maju, #MulaiDariKamu!
Bagikan artikel ini