VISI
Home of Inspiring, Impactful & Meaningful Indonesian Youth
MISI
1. Menstimulasi generasi muda untuk lebih aktif, optimis dan kontributif dalam mengambil peran untuk lingkungan sekitar.
2. Menghadirkan sosok generasi muda berprestasi agar menjadi teladan dan contoh bagi anak muda lainnya.
3. Mempertemukan generasi muda lintas bidang untuk saling melengkapi dan berkontribusi bersama demi banyak kebaikan.
FOUNDER
Taufan Teguh Akbari
FOKUS UTAMA
Kepemudaan, Kepemimpinan, Jejaring dan Berkolaborasi.
MOTTO
Berdaya, Berkarya, Bermakna
DIDIRIKAN PADA
Jakarta, 22 Juli 2017
@rumah.millennials
WEBSITE
JUMLAH PENGURUS AKTIF
30 orang
JUMLAH MEMBER
>200 orang
Bagaimana latar belakang Rumah Millennials didirikan? Apa saja rintangan yang dihadapi dan bagaimana menyikapinya?
Berawal dari sebuah stigma mengenai krisis generasi “Millennials” yang kerap dianggap sebelah mata, padahal nyatanya mereka memiliki banyak potensi untuk menciptakan berbagai karya. Tujuan dari Rumah Millennials (RM) adalah untuk mewadahi generasi millennials dari berbagai latar belakang yang memiliki karya-karya positif dengan memberikan berbagai referensi dan berperan sebagai kolaborator pemuda- pemudi lintas bidang untuk fokus terhadap pengembangan karakter. Di sini mereka juga bisa memperluas jaringan kolaborasi pemuda/i pentahelix. Pentahelix ini adalah pemuda/i dari berbagai bidang keahlian maupun profesi. Salah satu peran dari RM adalah merancang program
Pentahelix Strategic Partner, jadi nantinya kami akan membuka kolaborasi dengan banyak pihak dari berbagai bidang, namun program ini tidak menganut unsur promosi diri atau kampanye politik, karena landasan komunitas kami adalah netral dan independen.
Rintangan yang kami hadapi awal-awal, karena anggota kami bersifat relawan, jadi banyak anggota yang keluar-masuk, istilahnya jadi seperti pengurus harian saja. Cara menyikapinya, ya, dengan memiliki nilai kekeluargaan, jadi kami selalu terbuka kepada siapapun untuk berkontribusi, agar kami saling berdaya, berkarya dan bermakna untuk Indonesia yang lebih baik
Apa visi yang ingin dicapai Rumah Millennials? Lalu menurut Anda, faktor apa saja yang membuat RM bisa terus berkembang hingga saat ini?
Visi kami adalah Home of Inspiring, Impactful & Meaningful Indonesian Youth. Dan untuk mencapai hal tersebut, kami melakukan tiga hal, yakni menstimulasi generasi muda untuk lebih aktif, optimis dan kontributif dalam mengambil peran untuk lingkungan sekitar. Kedua, kami berusaha menghadirkan sosok generasi muda berprestasi agar menjadi teladan dan contoh bagi anak muda lainnya. Yang terakhir, kami mempertemukan generasi muda lintas bidang untuk saling melengkapi dan berkontribusi bersama demi banyak kebaikan.
Faktor pendukung yang membuat RM terus berkembang karena komunitas kami dibangun dari asas kekeluargaan dan rasa toleransi yang besar dalam berjejaring serta berkolaborasi.
Siapa saja yang ditargetkan untuk bergabung dalam jejaring Rumah Millennials? Lalu apa daya tarik komunitas Rumah Millennials yang membuat banyak pemuda/i ingin bergabung di dalamnya?
Generasi yang ditargetkan untuk bergabung dengan RM ada 2, yaitu Generasi Z yang berusia 15-20 tahun, dan Millennials dengan rentang usia 20-35 tahun. Sedangkan daya tarik yang kami cerminkan adalah, kami menyelenggarakan program dan menyediakan wadah bagi mereka yang mau menggali potensi diri agar dapat berdaya, berkarya dan bermakna untuk diri sendiri dan masyarakat.
Apa saja program yang sedang dijalankan oleh Rumah Millennials dan boleh dijelaskan apa objektif dari program-program tersebut? Lalu saat ini ada berapa jumlah anggota dari RM, apakah ada kesulitan dalam me-maintain tim tersebut?
Rumah Millennials Campus Network
Merupakan program pemberdayaan para pemuda/i millennials ataupun Gen-Z yang masih duduk dibangku SMA atau kuliah, agar mereka dapat meningkatkan soft-skills serta memperbanyak pengalaman. Nantinya para peserta juga akan kami libatkan dalam kegiatan-kegiatan RM, turun langsung dalam penyusunan program kegiatan RM, serta berkesempatan menjadi calon pengurus RM kedepannya.
Rumah Millennials Regional
Sebuah program pemberdayaan dan peningkatan kualitas para pemuda/i yang ada di setiap daerah Indonesia. RM bercita-cita nantinya dari Sabang sampai Merauke akan ada perpanjangan dari RM yaitu RMR (Rumah Millennials Regional) agar bisa saling bersinergi dan fokus untuk mengembangkan potensi dari setiap pemuda/i yang ada di daerah dengan bantuan dari RM Pusat.
M-talks (Millennials Talks)
Ini merupakan talkshow online/offline dengan narasumber yang profesional dan ahli di bidangnya. Program ini fokus untuk mengembangkan kompetensi soft skill/hard skill pemuda/i di Indonesia.
MPD (Millennials Professional Development)
Kegiatan yang sistemnya hampir mirip dengan M-Talks, namun program ini ditujukan untuk mengembangkan skills dari anggota RM (pengurus, RMCN, dan RMR).
MDO (Millennials Day Out)
Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar anggota internal RM, kegiatannya antara lain hangout dan outing. Namun terkadang kami juga membuka acara ini untuk publik.
Saat ini pengurus aktif RM Pusat ada 30 orang, 35 Ketua Bidang dan Board Of Advisors, selain itu juga ada pengurus RM Campus Network dan RM Regional. Kesulitan membangun komunitas pasti ada, tapi kita terus berupaya untuk menjalin komunikasi dengan baik, bahu- membahu menyelesaikan masalah yang ada, dan menjalankan program yang sudah terencana dengan baik. Tidak ada paksaan di dalam RM, semua berbasis kekeluargaan, netral serta independen.
Apa rencana program kedepannya yang ingin dijalankan? Lalu kalau waktu bisa diulang kembali, kira-kira apa yang ingin dilakukan oleh RM?
Rencana kedepannya kami akan fokus untuk pembentukan dan pembinaan jejaring pemuda/i di setiap daerah di Indonesia (Rumah Millennials Regional Network). Kami juga akan fokus dalam upaya pembentukan dan pembinaan masyarakat yang masih berusia muda (generasi Millennials dan Gen-Z) khususnya mereka yang masih duduk di bangku SMA atau sedang kuliah (Rumah Millennials Campus Network). Seandainya waktu bisa diulang kembali, kami ingin memperluas jaringan agar program-program dari RM dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat di Indonesia.
. . .
Artikel ini telah terbit pada Buku Saku RINTISAN Edisi 11: Kesehatan. Silakan klik link ini
untuk membaca artikel eksklusif lainnya di RINTISAN.
Bagikan artikel ini