fbpx

Punya Produk Baru? Begini 5 Cara Penjualan yang Wajib Kamu Terapkan!

Tips jitu agar kinerja tim sales makin maksimal.

Bayangin deh, kamu dan tim punya ide cemerlang untuk mengembangkan produk baru. Setelah memakan banyak waktu dan uang untuk proses inovasi, pada kenyataannya produkmu tidak disambut dengan antusias oleh pelanggan. Sayang banget, kan?

Oleh karena itu, kemampuan mempromosikan produk sangatlah penting. Saat menjual produk baru, kamu sepatutnya mengalokasikan waktu khusus dan menciptakan objective (tujuan) baru untuk produk tersebut.

Untuk tahu tips selengkapnya, simak penjelasan berikut ini, ya!

1. Alokasikan waktu

Saat menjual produk baru, kamu membutuhkan setidaknya 35% waktu lebih banyak dibandingkan saat menjual produk lama. Arahkan tim sales kamu untuk mengobrol dengan pelanggan secara lebih intens, sehingga pelanggan menjadi yakin bahwa produk barumu memang dapat memberikan solusi. Pengorbanan waktu memang dibutuhkan dalam penjual produk baru, namun anggaplah itu sebagai investasi.

2. Pahami tahapan konversi pada konsumen

Proses penjualan memiliki beberapa tahapan. Tahapan pertama adalah pencarian pelanggan, di mana kamu menghubungi pelanggan potensial. Selanjutnya, sebagai sales kamu akan menjelaskan bagaimana produk barumu dapat membantu pelanggan. Setelah itu, pelanggan akan mengevaluasi dan membandingkan produkmu dengan produk lainnya.

Jika sudah yakin, barulah pelanggan akan mengambil keputusan untuk membeli produkmu. Terakhir, kamu perlu melakukan follow-up dengan pelanggan terkait pengalaman menggunakan produk barumu.

Selama proses ini, tim sales akan berhadapan dengan customer 32% lebih sering dari biasanya. Memang bukan proses yang singkat, tapi yakinlah usahamu akan mendatangkan pelanggan.

3. Identifikasi customer ideal

Saat memasarkan produk, yang terpenting adalah pelanggan merasa mendapatkan informasi yang dibutuhkan tentang produkmu. Hal tersebut dapat tercapai jika tim sales memahami dengan baik masalah yang dihadapi pelanggan.

Jadi, daripada hanya fokus untuk menghafal deskripsi dan manfaat produk, tim sales sebaiknya mengerahkan lebih banyak waktu untuk membuat gambaran customer ideal.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat kamu renungkan:

a. Apa saja ciri-ciri perilaku pelanggan yang serius untuk melakukan pembelian?
b. Apa saja ciri-ciri pelanggan yang hanya ingin mempelajari produk baru dan tidak membeli?
c. Kriteria seperti apa yang akan dievaluasi oleh pelanggan sebelum memutuskan produk yang diinginkan?

Petakanlah langkah-langkah yang perlu dilakukan, serta orang-orang yang harus kamu temui agar mendapatkan gambaran yang tepat tentang customer ideal. Dengan menerapkan ini, kamu dapat mengidentifikasi hal baru apa yang diperlukan untuk proses pemasaranmu.

4. Karakteristik tim sales yang sukses

Ada beberapa karakteristik yang memengaruhi kesuksesan penjualan produk baru. Salah satunya adalah tim sales yang memahami tren pasar dan pola belanja konsumen. Selain itu, kamu dan tim juga harus mengetahui apa fokus customer, sehingga kamu dapat menawarkan produk dengan manfaat lebih daripada yang pelanggan butuhkan. Terakhir, tim sales juga harus mudah beradaptasi dan menyesuaikan proses pemasaran dengan masukan dari manager dan kondisi pasar.

5. Peran penting manager

Tentunya, tim sales tidak bisa bekerja sendirian. Dukungan perusahaan dalam memberikan pelatihan dan juga membimbing tim sales selama proses pemasaran sangatlah penting. Karena, bisa saja tantangan baru muncul saat proses pemasaran tengah berlangsung.

Dukungan perusahaan dapat dimulai dari sifat kepemimpinan ketua divisi. Misalnya, manager sales memegang peran utama dalam mengeksekusi strategi organic growth, di mana interaksi dilakukan dengan pihak-pihak bersangkutan setiap harinya. Saat masa peluncuran produk, manager sales juga dapat membimbing bagaimana cara berperilaku profesional.

Perusahaan juga dapat mengambil peran dengan mengadakan penilaian kompetisi dan program pelatihan untuk para frontline manager sales. Dengan begitu, manager sales dapat menghadapi tantangan penjualan dengan lebih efektif.

Itulah beberapa tips yang dapat kamu terapkan dalam memasarkan produk baru. Semoga artikel ini membantu, ya! Teruslah semangat berinovasi dan memberikan solusi atas permasalahan konsumenmu.

. . .

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah upaya bahu membahu penggerak ekosistem startup digital Indonesia untuk saling terkoneksi, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Diinisiasi sejak 2016, gerakan ini diharapkan mendorong terciptanya mencetak startup yang menjadi solusi atas masalah dengan memanfaatkan teknologi digital. #1000StartupDigital memberikan pembinaan bagi calon founder untuk membentuk tim, membuat MVP, hingga meluncurkan produknya ke pasar.

Karena Indonesia maju, #MulaiDariKamu!

Bagikan artikel ini