fbpx

Leader dan Manajer, Emang Boleh Disamakan?

Sebagai founder startup, kita perlu mengenal lebih dalam tentang orang-orang yang akan membantu pekerjaan kita. Beberapa peran penting bagi startup adalah manajer dan leader.

Meskipun sama-sama memimpin tim atau memegang peran sebagai pemimpin, ternyata leader dan manajer tidak bisa dilakukan oleh satu orang yang sama. Mengapa begitu?

Pada intinya, leader adalah orang yang memegang kekuasaan untuk memimpin, membimbing, hingga memotivasi orang lain untuk bekerja dalam sebuah perusahaan.

Contohnya begini, dalam struktur perusahaan, seorang leader punya posisi di setiap struktural, mulai dari staf hingga posisi C-level. Seseorang yang berhasil mengarahkan tim untuk bekerja dan berhasil menyelesaikan pekerjaan tersebut bisa dibilang sebagai leader.

Jika manajer, posisinya berada di tengah dalam struktur perusahaan. Umumnya di antara top management dan low management. Manajer bertanggung jawab untuk mengatur, mengawasi, serta mengendalikan anggota tim.

Leader yang hebat belum tentu bisa jadi manajer yang hebat

Menurut buku ‘Leading From The Edge’ yang ditulis oleh Annmarie Neal, seorang pendiri Center for Leadership Innovation, yang sudah 20 tahun memiliki pengalaman global dalam memimpin organisasi, menuliskan tentang ini.

“Seorang leader adalah seseorang yang melihat peluang dan menggerakkan perubahan. Seorang manajer adalah seseorang yang mengikuti leader itu dan melihat bagaimana menyusun berbagai hal untuk menciptakan nilai bagi perusahaan. Pada umumnya, leader terbaik bukanlah manajer yang benar-benar baik.”

Seorang leader hebat dengan karakter visioner, inovatif, dan berani mengambil risiko, terkadang tidak sejalan dengan peran manajer yang baik. Di mana manajer justru berkembang dari struktur dan konsistensi yang sesuai dengan pekerjaan dan tenggat waktunya.

Tahu di mana blindspot milikmu

Blindspot atau titik buta bisa menjadi jebakan yang menghambatmu sewaktu-waktu. Jadi, ada alasan mengapa pesawat komersial butuh dua orang pilot dalam satu penerbangan.

Itu sama halnya dengan perusahaan yang membutuhkan peran leader serta manajer. Menetapkan peran bukan hanya tentang siapa yang paling hebat atau terbaik, tetapi memastikan bahwa semua orang yang ada di dalamnya selamat.

Dalam konteks di perusahaan, adanya leader dan manajer yang bersinergi dapat membuat semua anggota tim atau karyawan menjadi kompak dan tampil maksimal.

Menskalakan bisnis secara jangka panjang

Leader yang hebat punya kecenderungan untuk fokus ke luar perusahaan. Misalnya memikirkan produk, pesaing, dan strategi apa yang harus dilakukan selanjutnya. Leader yang hebat juga perlu melihat proses operasional dari pesaing, menganalisis tren pasar, beradaptasi, dan berinovasi agar tidak ketinggalan.

Beda halnya dengan manajer hebat yang cenderung melihat ke dalam perusahaan. Contohnya fokus tentang struktur, praktik, prosedur, dan cara memanfaatkan kekuatan tim untuk berhasil mencapai tujuan perusahaan.

Dari penjelasan tadi, sudah jelas bahwa sebagai pemilik bisnis atau startup, kita terkadang memaksakan diri untuk menguasai keterampilan sebagai leader sekaligus manajer.

Namun faktanya, kedua peran tersebut membutuhkan keterampilan yang sangat berbeda. Leader mendorong pertumbuhan, sedangkan manajer meningkatkan sistem. Dengan memahami perbedaan dari leader dan manajer, harapannya akan lebih mudah untuk menyelaraskan peran tersebut untuk meningkatkan kesuksesan startup.

. . .

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah upaya bahu membahu penggerak ekosistem startup digital Indonesia untuk saling terkoneksi, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Diinisiasi sejak 2016, gerakan ini diharapkan mendorong terciptanya mencetak startup yang menjadi solusi atas masalah dengan memanfaatkan teknologi digital. #1000StartupDigital memberikan pembinaan bagi calon founder untuk membentuk tim, membuat MVP, hingga meluncurkan produknya ke pasar.

Karena Indonesia maju, #MulaiDariKamu!

Bagikan artikel ini