fbpx

Implementasikan Cara Terjitu Menjalankan Model Bisnis Digital

Untuk menjalankan bisnis memiliki strategi atau cara yang diterapkan agar perusahaan kamu dapat lebih maju, terutama dalam menghadapi persaingan dengan perusahaan lainnya. Hal yang bisa kamu lakukan untuk bisa bersaing di era revolusi industri 4.0 menuju era society 5.0 adalah mengenal dan merancang model bisnis dengan lebih baik.

Model bisnis terdiri dari empat dimensi yaitu:

  • (WHO) = merupakan target pelanggan dan apa yang dibutuhkannya
  • (WHAT) = merupakan proposisi nilai dan dengan bantuan produk dan layanan mana yang dihasilkan
  • (HOW) = merupakan cara proposisi nilai disampaikan
  • (WHY) = merupakan hal-hal yang membuat model bisnisnya menguntungkan

Untuk mengimplementasikan model bisnis yang sistematis sesuai jenis lingkungannya, kamu dapat menerapkan pengembangan model bisnis yang berbasis asumsi. Hal ini dilakukan untuk mengurangi ketidakpastian yang menempel pada model bisnis yang dilakukan dengan memeriksa asumsi yang paling kritis pada setiap perkembangannya. Biasanya hal ini menyangkut aspek-aspek internal, seperti kelayakan teknik serta solusi, sumber daya yang dibutuhkan, serta kemampuan yang tersedia. Akan tetapi hal yang paling penting dalam pengembangan awal adalah konsumen.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kamu implementasikan untuk menjalankan model bisnis digital:

Problem-Solution Fit

Langkah awal yang dapat kamu gunakan adalah dengan mengetahui masalah serta kebutuhan pelanggan untuk memecahkan masalah mengenai ketertarikan mereka dan kamu dapat mempelajarinya lebih lanjut. Dapat fokus mengenai aspek kualitas pembelajaran untuk mengembangkan solusi sesuai kebutuhannya.

Product-Market Fit

Pada langkah ini kamu dapat memeriksa mengenai ketertarikan pelanggan pada model bisnis kamu secara keseluruhan yang didalamnya adalah campuran layanan produk serta fitur-fitur yang ada. Tujuannya untuk melakukan identifikasi terhadap “yang harus dimiliki” dan keinginan keseluruhan dari solusi yang hanya dapat dicapai melalui visualisasi, Minimal Viable Product (MVP), serta interaksi pelanggan langsung.

Kesediaan untuk Membeli

Pada fase ini, kamu berfokus pada model pendapatan. Penilaian yang andal dari kesediaan pelanggan untuk membayar hanya bisa dicapai apabila proposisi nilai serta penawaran produk dan layanan terkait telah ditetapkan dengan tepat sehingga setiap pelanggan dapat memahaminya. Karena jika tidak, perusahaanlah yang menanggung risiko melebih-lebihkan persetujuan yang tidak spesifik dari fase sebelumnya dan mengambil resiko terlalu banyak atau terlalu cepat.

Fase Pengiriman Nilai

Pada fase ini, pengiriman nilai dapat digunakan untuk memetakan juga mengembangkan proses produksi dan logistik yang dibutuhkan, mitra kerja sama mana yang diperlukan, juga bagaimana struktur biaya yang tepat akan terlihat. Hasil yang biasa adalah pengembangan produk atau solusi yang tidak ingin dibeli oleh siapa pun. Karena mengabaikan ide dasar pendekatan, yang tujuannya untuk menguji model bisnis dengan cepat dan murah dapat membuat ketidakpastian ada di tingkat yang tinggi dengan konsep bisa sering sangat berubah.

Penskalaan & KPI

Pada langkah ini, penting untuk menentukan kesuksesan model bisnis sebenarnya beserta cara pengukurannya. Dalam hal ini, pertumbuhan tipikal dan tokoh-tokoh kunci keuangan mungkin sudah cukup. Namun karena karakter strategis model bisnis baru, serta aspek-aspek seperti efek sinergi dan potensi penskalaan juga merupakan faktor penting sehingga harus juga dilakukan.

Faktor penentu dalam hal ini adalah basis teknologi yang dipilih untuk menawarkan fleksibilitas serta modularitas yang diperlukan untuk pendekatan berbasis asumsi.

Nah, untuk menghindari penipuan penting untuk mengembangkan aspek teknis seefektif dan seefisien mungkin untuk memvalidasi asumsi model bisnis yang paling penting di setiap fase pengembangan. Sehingga dapat dihasilkan takeaways utama model bisnis digital, yaitu:

  • Memahami dan menyelesaikan masalah dan kebutuhan pelanggan kamu terlebih dahulu, lalu kemudian memikirkan tentang teknologi
  • Model bisnis digital tidak selalu menyiratkan proposisi nilai digital murni
  • Mengembangkan model bisnis digital terjadi di bawah ketidakpastian yang besar dengan mengandalkan data dan fakta daripada opini untuk menguranginya
  • Pendekatan lean memudahkan untuk membatalkan proyek jika perlu, untuk mengejar salah satu dari banyak ide lainnya
  • Semua pihak yang terlibat perlu memahami pentingnya mengembangkan dan menguji model bisnis baru dan menciptakan kebebasan organisasi yang cukup untuk memungkinkannya

. . .

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah upaya bahu membahu penggerak ekosistem startup digital Indonesia untuk saling terkoneksi, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Diinisiasi sejak 2016, gerakan ini diharapkan mendorong terciptanya mencetak startup yang menjadi solusi atas masalah dengan memanfaatkan teknologi digital. #1000StartupDigital memberikan pembinaan bagi calon founder untuk membentuk tim, membuat MVP, hingga meluncurkan produknya ke pasar.

Karena Indonesia maju, #MulaiDariKamu!

Bagikan artikel ini