fbpx

Cara Merancang Mission Statement Startup Sedari Dini

Menurutmu, apa faktor paling penting dari sebuah bangunan rumah yang kuat? Genteng yang tahan panas? Cat yang anti pudar? Atau jendela dan pintu yang kokoh?

Kalau kamu masih memikirkan hal-hal seputar eksterior dan interior, jawabannya salah, karena rumah yang kuat bisa berdiri tegak berkat fondasi yang tepat. Rumah yang dibangun di atas fondasi yang goyah, tidak akan bertahan lama. Analogi itu sama halnya dengan membangun startup.

Produk yang dibuat dengan susah payah tidak akan sustain dan laku di pasar dalam jangka panjang, jika startup tidak punya mission statement yang jelas.

Apa itu mission statement?

Mission statement atau pernyataan misi adalah penjelasan mengenai tujuan startup dan cara mencapainya. Mission statement ini membantu pelanggan memahami alasan mereka perlu mengenal merekmu dan menggunakan produkmu.

Mengapa mission statement penting?

Alasannya, itu bisa dijadikan alat komunikasi yang menginformasikan tentang produk, target audiens, layanan, keyakinan, nilai, hingga rencana pertumbuhan dari startup.

Untuk siapa mission statement dibuat?

Menurut ahli SDM, mission statement dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan motivasi karyawan, sedangkan product manager akan menggunakan mission statement untuk membangun kepercayaan dengan pelanggan.

Bagaimana menentukan mission statement?

Untuk menciptakan mission statement, kamu bisa mulai dengan menjawab tiga pertanyaan berikut:

  • Apa yang kami lakukan?
  • Untuk siapa kami melakukannya?
  • Bagaimana kami melakukannya?

Fokuslah pada jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini, lalu gabungkan menjadi sebuah pernyataan singkat.

Contoh mission statement dari ClickUp, sebuah platform produktivitas:

“Menghemat waktu orang dengan membuat dunia lebih produktif.”

Mission statement yang tepat akan mengomunikasikan nilai-nilai yang mendasari tujuan tersebut. Pikirkan apa yang membuatmu peduli terhadap misi ini? Itulah hal yang harus kamu yakini dan sampaikan kepada pelanggan.

Mission statement juga berfungsi sebagai bukti bahwa kamu berkomitmen untuk membantu pelanggan mencapai tujuan mereka melalui produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Berapa Banyak Mission Statement yang Dibutuhkan?

Biasanya mission statement cukup satu kalimat, tapi bisa juga lebih, tergantung pada apa yang ingin kamu sampaikan. Yang penting, perhatikan beberapa karakteristik berikut:

  • Misi inti startup tidak boleh berubah. Meskipun bisnismu berkembang, dari bekerja di gudang hingga ke kantor besar, misi inti startupmu harus tetap konsisten.
  • Cara mewujudkan misi bisa berubah, tapi misi itu sendiri harus tetap sama.

Contoh Lainnya untuk Mission Statement

Jika kamu masih bingung, semoga contoh mission statement dari kedua startup ini dapat membantumu lebih memahami.

Amazon:

“Kami berusaha untuk menawarkan harga serendah mungkin, pilihan terbaik yang tersedia, dan kenyamanan terbaik kepada pelanggan kami.”

Amazon bermula dari sebuah situs web yang menjual buku, DVD, dan CD dengan harga yang miring. Saat ini, meski Amazon sudah berubah menjadi perusahaan raksasa di bidang teknologi, misi Amazon tentang harga, pilihan, dan kenyamanan pelanggan tidak pernah berubah.

Airbnb:

“Airbnb hadir untuk menciptakan dunia tempat siapa pun dapat merasa diterima di mana pun, menyediakan perjalanan sehat yang bersifat lokal, autentik, beragam, inklusif, dan berkelanjutan.”

Cerita awal Airbnb bermula ketika pria yang menyewakan kasur di lantai ruang tamu pada para peserta konferensi yang tidak dapat memperoleh kamar hotel. Sekarang, Airbnb berhasil mengubah industri perhotelan dengan tuan rumah di 81.000 kota dan menyewakan kamar dan rumah pada jutaan pengguna di seluruh dunia. Hingga kini, Airbnb masih melanjutkan misinya untuk menyediakan wisata sehat secara lokal, autentik, beragam, inklusif, dan berkelanjutan.

Jadi, sudah siapkah merancang mission statement startupmu? Persiapkan dari sekarang, ya!

. . .

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah upaya bahu membahu penggerak ekosistem startup digital Indonesia untuk saling terkoneksi, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Diinisiasi sejak 2016, gerakan ini diharapkan mendorong terciptanya mencetak startup yang menjadi solusi atas masalah dengan memanfaatkan teknologi digital. #1000StartupDigital memberikan pembinaan bagi calon founder untuk membentuk tim, membuat MVP, hingga meluncurkan produknya ke pasar.

Karena Indonesia maju, #MulaiDariKamu!

Bagikan artikel ini