Salah satu cara agar startup-mu bisa lebih dilihat atau dikenal banyak orang adalah dengan memublikasikan informasi lewat media.
Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh jika kamu berhasil mendapatkan publikasi atau liputan media. Beberapa di antaranya adalah bisnismu akan mendapatkan eksposur, terlihat lebih menonjol, dan juga mendapatkan peluang bisnis lain seperti peningkatan trafik penggunanya.
Lantas pertanyaannya, bagaimana cara agar berhasil mendapatkan liputan media?
Secara garis besar caranya terbagi menjadi tiga:
1. Menghubungi agensi
Di luar sana banyak sekali agensi hubungan publik yang menyediakan jasa agar startup kita bisa diliput oleh media. Konsekuensinya, ada biaya yang harus dikeluarkan dan jumlahnya relatif cukup besar karena kita meminta bantuan jasa pihak ketiga.
2. Menghubungi editor media
Setiap editor memiliki pembacanya sendiri. Untuk itu kamu harus melakukan pengecekan, siapa editor yang paling tepat yang bisa membantumu mempublikasikan cerita startup-mu. Kamu bisa mengamati hal-hal apa saja yang biasanya mereka tulis dan kerjakan untuk liputan. Kenali nilai-nilai yang biasanya menjadi konsep atau gaya bercerita mereka ketika mengulas topik.
3. Mendaftar menjadi kontributor
Cara terakhir adalah tentu saja dengan menjadi penulis atau kontributor. Untuk menjadi kontributor, kamu harus bisa menunjukkan bahwa apa yang dikerjakan sudah sesuai dengan standar media tersebut dan menjunjung tinggi sikap profesional.
Namun, sebelum kamu melangkah lebih jauh ke arah publikasi, ada beberapa hal esensial yang patut kamu ketahui saat ingin membuat liputan media:
Memahami apa yang diminati oleh pembaca
Media akan mencari tulisan atau informasi yang sesuai dengan target pembacanya dan menarik untuk diulas. Untuk itu, kamu harus memahami bahwa informasi yang akan dipublikasikan harus bisa memberikan manfaat dan juga menarik perhatian pembaca. Karena media hanya akan membuat dan mempublikasikan konten yang sudah jelas akan diperhatikan oleh para pembaca. Kamu perlu membuat representasi yang menarik sehingga pembaca percaya dengan informasi yang disampaikan. Jangan lupa untuk memposisikan diri sebagai pembaca agar kamu lebih mendapatkan empati dan melihatnya dari sudut pandang seorang pembaca, bukan sebagai pemilik startup.
Gunakan kalimat dan gaya bahasa yang sesuai dengan target pembaca
Cara menyampaikan informasi adalah salah satu aspek penting yang harus diperhatikan sebelum kamu memublikasikan konten lewat media. Karena konten yang akan dinikmati adalah konten yang mudah dipahami dan dicerna oleh para pembaca. Untuk itu, gunakan kalimat-kalimat yang sesuai dan perhatikan setiap frasa yang disampaikan agar relevan
Sampaikan dengan gaya bercerita yang menarik
Konten adalah cerita. Maka, sampaikan informasi melalui cara bercerita yang sesuai dengan profil startup-mu sekaligus bermanfaat bagi pembaca dengan runtutan cerita dan alur yang jelas. Dengan ini, maka pembaca akan lebih memahami apa yang sebenarnya ingin kamu sampaikan.
. . .
Artikel ini telah terbit pada Buku Saku RINTISAN Edisi 9: Seni & Hiburan Berbasis Digital. Silakan klik link ini
untuk membaca artikel eksklusif lainnya di RINTISAN.
Bagikan artikel ini