Sekolah Beta Kelas Luring datang lagi! Kali ini, Sekolah Beta membawakan tema “Revamp My Deck”! Acara yang berlangsung di MARKAS Jakarta ini membahas strategi dan teknik kunci untuk mendesain pitch deck profesional yang menarik dengan memperkuat narasi dan visual storytelling.
Berkolaborasi dengan startupvault.id, Kelas Luring dihadiri oleh peserta yang merupakan hipster dan founder muda! Para peserta diajarkan bagaimana mengasah kreativitas untuk menciptakan desain pitch deck yang menonjol. Dengan strategi dan teknik desain yang diberikan, peserta bisa menyusun pitch deck yang memikat investor dan dapat mengomunikasikan brand story lewat visual yang memikat.
Kelas Luring ini terdiri dari dua sesi presentasi dan sesi workshop. Sesi presentasi pertama bertemakan “Compelling Pitch Deck Investors Can’t Resist,” yang dibawakan oleh Clarissa Levina (Investment Manager, Maven Asia Capital) dan James Boen (Investment Analyst, Maven Asia Capital). Kemudian, sesi presentasi kedua membawakan tema “The Art of Engaging Design in Pitch Deck” dengan pembicara Nanda Hadi Gustian (Graphic Designer, Ex Digital Communication Consultant).
Pada sesi presentasi pertama, kedua pembicara membahas seperti apa pitch deck yang menarik dari perspektif investor. Sebelum membahas pitch deck lebih lanjut, Clarissa Levina menyampaikan salah satu hal terpenting yang harus dimiliki founder, yaitu resilience atau sifat tahan banting.
“Maven berinvestasi kepada founder yang visioner. kita akan lihat kalian se-resilience apa, bisakah kalian bertahan kalau market kalian lagi down, apakah kalian agile atau tidak,” ucap Clarissa.
Salah satu insight dalam sesi presentasi pertama adalah terkait 5 kunci dalam pitch deck. Yaitu idea, people, product, traction, dan revenue. Saat pitching, kita harus bisa merangkum 5 hal tersebut dalam waktu yang singkat, dan meng-highlight nilai produk kita.
“Pastikan kita menjelaskan masalah apa yang mau kita selesaikan. Lalu give your solution, choose your main target market, dan background team. Misal di bidang waste management, jelasin kenapa khirnya mau ke bidang itu? Apa personal experience yang jadi alasan kuat untuk solve problem di bidang itu,” jelas Clarissa.
Selanjutnya, dari segi produk, pastikan kamu menjelaskan model bisnis startup-mu dan produk seperti apa yang kamu tawarkan. Dari segi traction, jelaskan berapa klien yang sudah kamu miliki, kerja sama dengan supplier, hingga hak paten. Dari segi revenue, jelaskan rencana fundraising yang kamu miliki. Berapa nilai yang kamu targetkan dari fundraising? Bagaimana strateginya? Penting juga untuk menemukan investor yang tidak hanya memberikan dana, namun juga mentorship dan expertise agar kamu bisa lebih bijak dalam memilih target pasar.
Peserta Kelas Luring ini datang dari berbagai latar belakang, dari tingkat pemula hingga profesional. Salah satu diantaranya adalah Erika, Product Manager sebuah startup fintech. Ia mendapatkan banyak insight dari acara ini.
“Menarik banget, kita belajar flow pitch deck yang baik dan visualisasinya gimana. Ada praktik juga jadi kita langsung belajar cara bikin pitch deck yang baik. Bisa networking juga dengan narasumber dan peserta lainnya,” ucap Erika.
Terakhir, pembicara Nanda Hadi Gustian memberikan pesan kepada talenta digital dan calon founder di Indonesia.
“Dalam menyukseskan produk atau gagasan kita yang ingin dipresentasikan, banyak banget elemen yg perlu kita kuasai. Dari desain, storytelling, aspek bisnis, dan marketing. Tentunya tidak cukup dikerjakan satu orang. Nah, lewat kegiatan mentorship seperti ini, kita bisa berkolaborasi dengan berbagai macam fokus keilmuan dan expertise. Sehingga kita bisa sharing skill dan saling bertukar ilmu,” ungkapnya.
Kamu juga ingin ikutan Kelas Luring? Jangan ketinggalan Sekolah Beta Kelas Luring episode selanjutnya, ya! Pantengin terus media sosial @sekolahbeta untuk mengetahui info pendaftarannya.
Ikuti juga Sekolah Beta Kelas Daring di YouTube @1000startupdigital untuk memperdalam ilmu startup kamu sebagai Hipster, Hustler, maupun Hacker. Sampai bertemu di Sekolah Beta Kelas Luring berikutnya!
. . .
Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah upaya bahu membahu penggerak ekosistem startup digital Indonesia untuk saling terkoneksi, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.
Diinisiasi sejak 2016, gerakan ini diharapkan mendorong terciptanya mencetak startup yang menjadi solusi atas masalah dengan memanfaatkan teknologi digital. #1000StartupDigital memberikan pembinaan bagi calon founder untuk membentuk tim, membuat MVP, hingga meluncurkan produknya ke pasar.
Karena Indonesia maju, #MulaiDariKamu!
Bagikan artikel ini