Positioning adalah strategi pemasaran untuk menempatkan produk pada benak konsumen. Strategi ini bisa berupa satu atau dua kalimat yang mendefinisikan masalah yang ingin diselesaikan dan mengapa solusi dari startupmu menarik.
Bagi founders yang sedang bingung dalam menentukan positioning yang tepat untuk startupmu, mari simak informasi selengkapnya berikut ini.
Manfaat positioning untuk startup
Positioning dapat memengaruhi sudut pandang konsumen saat melihat produk atau jasa milik kompetitor. Berikut ini beberapa manfaat positioning untuk startupmu:
1. Menguasai pasar dalam jangka panjang
Ketika sebuah startup memiliki citra positif atas produk atau jasa yang mereka tawarkan, kemungkinan besar mereka dapat menanamkan keunggulan produk mereka di benak pelanggan dalam jangka panjang.
2. Meningkatkan omset bisnis
Total omset atau pendapatan dipengaruhi oleh tingkat penjualan. Nah, di sinilah positioning berperan untuk meningkatkan kemungkinan startupmu dapat menjangkau pasar yang lebih luas, sehingga memiliki peluang lebih besar memperoleh omset yang tinggi.
3. Membentuk efektivitas komunikasi
Positioning membantu efektivitas komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan agar hubungan keduanya lebih sehat dan kuat.
Cara menentukan positioning startup
Langkah pertama positioning yang bisa kamu lakukan yaitu memahami empat tipe pasar di bawah ini:
- Produk baru di pasar yang sudah ada.
- Produk baru di pasar baru.
- Produk baru yang sedang melakukan segmentasi ulang di pasar yang sudah ada dengan biaya rendah.
- Produk baru yang mencoba melakukan segmentasi ulang di pasar yang sudah ada dengan menciptakan niche.
Menjawab beberapa pertanyaan berikut ini dapat membantu menentukan positioning yang tepat untuk startupmu:
- Apa yang berbeda dari cara kerja produk atau jasa startupmu?
- Siapa segmentasi pelangganmu? Bisa dimulai dari “pengguna Android” atau “orang yang tidak memiliki mobil”, setelah itu coba buat yang lebih spesifik.
- Apakah ada startup lain yang memecahkan masalah serupa? Cari tahu pula kekuatan dan kelemahan mereka dibandingkan startupmu.
- Apa pain point atau kesulitan yang dihadapi pelanggan? Buatlah secara jelas dan spesifik.
Buatlah positioning startup yang unik dan solutif agar kamu dapat mengoptimalkan proses branding.
Cara menentukan nama startup
Setelah menentukan positioning startup, fitur-fitur yang perlu kamu buat atau kembangkan menjadi lebih jelas. Namun, proses menentukan positioning sering kali dilewatkan oleh banyak founders, salah satunya mengevaluasi persaingan dengan kompetitor saat menyusun positioning mereka.
Ini merupakan kesalahan fatal, karena penting bagi founders untuk memahami startupmu sendiri agar dapat mengetahui bagaimana cara kompetitor beroperasi. Mulailah dengan membandingkan produk atau jasa yang ditawarkan startupmu dengan kompetitor.
Dapat menentukan positioning yang tepat untuk startup lebih penting daripada menentukan nama untuk startupmu. Jika berhasil menentukan positioning, memilih nama yang akhirnya ada di semua situs web, merek, dan fitur produkmu dapat muncul. Nama startup juga berperans sebagai cerminan citra bisnismu selama bertahun-tahun ke depan.
Pertama, buat tiga nama yang deskriptif, sugestif, dan impresif, karena kamu tidak tahu apakah kamu akan menemukan nama yang akan membuatmu terpikat. Kedua, ambil pernyataan positioning untuk dipisahkan menjadi kata benda dan kata kerja. Lalu, buatlah daftar sinonim dari kata-kata yang bermakna untuk menemukan nama yang mungkin cocok untuk startupmu.
Kamu mungkin ingin menggunakan nama-nama aneh agar terkesan unik. Meskipun nama aneh terdengar rumit, tapi nama tersebut memiliki beberapa keuntungan, seperti lebih mudah diingat, serta lebih mudah mendapatkan merek dagang dan domain.
Itu dia strategi positioning untuk startup yang bisa kamu praktikkan. Temukan tips dan trik startup lainnya untuk menambah wawasanmu hanya di blog Gerakan Nasional 1000 Startup Digital ya.
. . .
Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah upaya bahu membahu penggerak ekosistem startup digital Indonesia untuk saling terkoneksi, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.
Diinisiasi sejak 2016, gerakan ini diharapkan mendorong terciptanya mencetak startup yang menjadi solusi atas masalah dengan memanfaatkan teknologi digital. #1000StartupDigital memberikan pembinaan bagi calon founder untuk membentuk tim, membuat MVP, hingga meluncurkan produknya ke pasar.
Karena Indonesia maju, #MulaiDariKamu!
Bagikan artikel ini