Ternyata, peran inovasi wirausaha memang sepenting itu!
Tanggal 27 Agustus 2022 lalu, telah dilaksanakan tahapan pertama dalam Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, yaitu Ignition. Acara Ignition ini berlangsung secara hybrid, di mana peserta dapat meraih wawasan seputar startup digital melalui sesi Panel Discussion, Breakout room session, hingga Demo Day.
Kali ini, akan dibahas sesi Panel Kewirausahaan dengan pembicara Teddy Oetomo, President Bukalapak, dan Irawati Endarwati, VP Retail Business PT. Sarinah, yang dimoderatori oleh Dr. Indrawan Nugroho, CEO di Corporate Innovation Asia (CIAS). Kira-kira, apa saja poin penting dalam diskusi panel ini? Yuk, simak penjelasan di bawah!
Peluang wirausaha masa kini
Diskusi dibuka oleh perdebatan mengenai eksistensi startup di tengah dunia yang memasuki masa resesi. Menurut Irawati, saat ini justru menjadi momentum yang tepat bagi para wirausaha untuk beraksi dan melatih kemampuannya untuk bertahan dan berkembang. Teddy juga menambahkan bahwa masa krisis menyebabkan berkurangnya persaingan, sehingga memberikan lebih banyak peluang untuk sukses.
Demi menangkap peluang, kamu harus berkolaborasi dengan orang-orang yang dapat melengkapi kekuranganmu. Jika kamu memiliki sebuah ide namun tidak tahu cara mengeksekusinya, carilah co-founder yang mengerti operasional lalu jalankan startup bersama-sama.
Membangun startup tidak berarti kamu harus menjadi orang pertama yang mencetuskan ide. Kamu dapat mencari koneksi, bertukar pendapat, kemudian membentuk sebuah tim.
Ketahui nilai ekonomi dalam produkmu
Dalam membangun startup, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Menurut Teddy, sekarang sudah bukan zamannya lagi untuk membakar uang demi membangun usaha. Sejak awal, kamu harus mengetahui apakah produk usahamu memiliki nilai ekonomi. Jika kamu sadar kalau produkmu tidak dapat menghasilkan keuntungan, maka galilah ide lain dan cari celah peluang.
Irawati juga mengingatkan bahwa kamu harus memahami siapa pasar dan konsumen incaranmu. Dengan mengetahui kelemahanmu dan bekerja sama, maka peluang kesuksesan akan meningkat.
Carilah celah untuk berinovasi
Mengambil celah peluang adalah salah satu kunci terpenting dalam inovasi wirausaha. Sebagai contoh, Bukalapak menyadari bahwa tidak semua masyarakat mempunyai kartu kredit untuk berbelanja online. Di sisi lain, Bukalapak melihat bahwa hampir seluruh masyarakat Indonesia sudah fasih menggunakan platform media sosial.
Hal ini membuktikan bahwa masyarakat Indonesia sudah mengerti cara mengakses dunia digital. Dari analisis tersebut, Bukalapak berinisiatif untuk menjadikan warung kecil dan UMKM sebagai infrastruktur demi menjangkau lebih banyak masyarakat dalam transaksi online.
Dengan pola pikir untuk membantu meningkatkan omzet UMKM sebagai wirausaha, Bukalapak dapat membantu mengembangkan usaha UMKM sekaligus memperluas bisnis mereka.
Temukan target audience yang belum disentuh pasar
Mengambil celah peluang dapat membesarkan usahamu melalui target audience yang belum banyak diberikan perhatian. Misalnya, di tengah maraknya e-commerce di Indonesia yang menjual produk fashion, Bukalapak menawarkan produk lain seperti voucher game dan sistem bayar listrik online. Dengan begitu, peluang untuk meraih customer di tengah ketatnya persaingan e-commerce akan tetap terealisasikan.
Contoh lainnya, PT. Sarinah melihat bahwa masih banyak produk Indonesia berkualitas yang belum memiliki ranah panggung. Dari permasalahan tersebut, PT. Sarinah merancang visi untuk menyukseskan UMKM Indonesia. Memalui proses seleksi, Sarinah dapat membantu produk Indonesia untuk lebih dikenal tidak hanya di kalangan masyarakat Indonesia, tapi juga di skala internasional.
Tantangan dalam berwirausaha
Namun, menjadi wirausaha pastilah mempunyai tantangan. Selain mencari celah dan bekerja sama, kamu harus dapat menciptakan bisnis yang sustainable. Jika sudah memiliki aspek tersebut, peluang untuk meraih konsumen lokal dan mancanegara akan semakin besar.
Itulah beberapa poin penting dalam Panel Kewirausahaan di acara Ignition Gerakan Nasional 1000 Startup 2022. Semoga kamu dapat menyerap dan mempraktikkan saran-saran tersebut saat membangun startup.
Tetap semangat dan jadilah salah satu anak muda yang memajukan Indonesia, ya!
. . .
Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah upaya bahu membahu penggerak ekosistem startup digital Indonesia untuk saling terkoneksi, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.
Diinisiasi sejak 2016, gerakan ini diharapkan mendorong terciptanya mencetak startup yang menjadi solusi atas masalah dengan memanfaatkan teknologi digital. #1000StartupDigital memberikan pembinaan bagi calon founder untuk membentuk tim, membuat MVP, hingga meluncurkan produknya ke pasar.
Karena Indonesia maju, #MulaiDariKamu!
Bagikan artikel ini