Bagi kamu yang baru membangun startup, menghadapi talent dan dokumen administrasi adalah pengetahuan dasar dan wajib yang harus kamu kuasai. Kuncinya adalah berpedoman pada aturan perusahaan dan mulailah untuk mengotomatisasi prosesnya, salah satu caranya dengan membuat dokumen checklist seperti di bawah ini. Tujuannya agar kamu memahami apa saja yang perlu disiapkan dan memberitahu karyawan baru agar mereka mengisi dokumen sesuai dengan prosedur.
Sebagai catatan, checklist ini bukan merupakan daftar yang lengkap. Kamu juga perlu mengecek peraturan ketenagakerjaan terutama di industri yang kamu geluti. Pastikan bahwa semuanya sesuai dengan dasar hukum, ya.
Berikut adalah panduan checklistnya:
Dokumen Utama
- Formulir pajak dari pemotongan gaji (SPT)
- Daftar slip gaji karyawan
- Formulir biodata karyawan termasuk kontak darurat
- Formulir pendaftaran dana pensiun
Benefit Karyawan
- Kebijakan cuti dan libur nasional atau tambahan
- Kebijakan cuti sakit
- Polis asuransi kesehatan
- Polis ketenagakerjaan
- Kebijakan disabilitas dan kesehatan mental
- Kebijakan kendaraan perusahaan (subsidi dana parkir gedung dll)
- Kebijakan reimbursement
Dokumen Industri
- Non-compete agreement
- Non-disclosure agreement
- Perjanjian peralatan pinjaman
- Perjanjian penggunaan akses tools atau sistem perusahaan
- Kebijakan penggunaan aplikasi perusahaan
Dokumen Lain-Lain
- Kebijakan reimbursement
- Kebijakan pelanggaran peraturan
- Kebijakan media sosial perusahaan
- Perjanjian kekayaan intelektual
- Dokumen paklaring dan rekomendasi karyawan
- Kebijakan teguran dan surat peringatan
- Kebijakan bonus perusahaan dan reward untuk karyawan
. . .
Artikel ini telah terbit pada Buku Saku RINTISAN Edisi 6: Talent. Silakan klik link ini
untuk membaca artikel eksklusif lainnya di RINTISAN.
Bagikan artikel ini