Apa itu elevator pitch?
Dikutip dari situs Asana, elevator pitch adalah kesempatan untuk membagikan ringkasan singkat tentang merek dan penawaran produk. Tetapi, pitch juga bisa menjadi kesempatan untuk menjalin relasi nyata yang dapat digunakan nantinya.
Berapa waktu yang ideal untuk melakukan elevator pitch?
Durasi adalah hal penting yang kerap diabaikan ketika membuat elevator pitch. Elevator pitch yang terlalu panjang tidak akan efektif. Jadi pada umumnya, durasi elevator pitch tergantung pada topik dan orang yang akan menjadi target pitchnya. Namun secara garis besar, pitch harus dilakukan sesingkat mungkin dengan memilih poin penting dengan seksama.
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Microsoft, rata-rata orang memiliki rentang perhatian sekitar delapan detik. Maka, durasi elevator pitch yang ideal adalah tidak lebih dari 30 detik.
Apa yang perlu dilakukan sebelum elevator pitch?
1. Menjelaskan tentang proposisi nilai
Mengkomunikasikan tentang proposisi nilai adalah salah satu poin yang harus disampaikan saat elevator pitch. Ini menjadi intisari dan daya tarik dari apa yang kamu tawarkan ke pelanggan.
2. Menyiapkan diri dengan penuh percaya diri
Menyiapkan elevator pitch dengan percaya diri dan lancar butuh persiapan matang. Kamu bisa banyak berlatih seolah-olah sedang berbicara di atas panggung.
3. Mengatur nada bicara, intonasi, dan artikulasi
Usahakan atur tempo dengan stabil saat berbicara dan gunakan bahasa tubuh yang baik. Menyampaikan pitch dengan terburu-buru akan membuat pesan ‘mengalir’ terlalu cepat dan tidak dipahami audiens.
Tips elevator pitch dari para founder
“Gunakan kerangka untuk membantumu menguraikan elevator pitch, seperti nama startupmu, siapa target pengguna, masalah pengguna, solusi yang bisa kamu berikan untuk masalah pengguna, serta bagaimana solusimu lebih baik daripada yang lain.”
Michael Lisovetsky — HomeSwipe
“Buat kalimatmu menarik perhatian. Kuncinya, bedakan dirimu dari orang banyak, karena pikiran manusia pada dasarnya ingin tahu. Jadi, tariklah minat orang-orang dengan mengidentifikasi kualitas unik tentang bisnismu.”
Ashu Dubey — 12 Lab
“Kalimat singkat kadang tidak memuat proposisi nilai dari startupmu. Tidak masalah menggunakan dua kalimat, yang lebih penting adalah waktu. Usahakan kamu bisa menjelaskannya dalam waktu kurang dari 30 detik.”
Kaya DeMatteo — Bad Rhino
Contoh elevator pitch (sumber dari situs Asana)
Contoh pertama
Tim kami benar-benar kesulitan untuk beralih menjadi pekerja jarak jauh. Komunikasi tidak tertata dan orang-orang kesulitan menemukan informasi yang benar untuk menyelesaikan proyek. Tapi, untungnya, kami menemukan solusi untuk masalah kami.
Menerapkan alat manajemen proyek tidak hanya menambahkan produktivitas, tapi juga meningkatkan keseluruhan kerja sama tim. Setiap perusahaan memilih alat berbeda, tapi saya dapat tanpa ragu menyatakan bahwa perangkat lunak kami adalah yang terbaik dalam menghubungkan gol dengan pekerjaan yang dibutuhkan untuk mencapainya.
Contoh kedua
Dalam industri mana pun atau sehebat apa pun dalam bekerja, pekerjaan memang rumit. Tapi, perangkat lunak manajemen proyek yang baik bisa membantu meningkatkan produktivitas dan komunikasi. Saya belum pernah melewatkan batas waktu selama bertahun-tahun. Jika tertarik dengan cara perangkat lunak tersebut membantu tim-mu, hubungi saya dan saya bisa menjelaskan selengkapnya.
Contoh ketiga
Kami punya pelanggan yang sepenuhnya beralih menjadi pekerja jarak jauh tahun ini dan butuh bantuan untuk memastikan batas waktu tercapai. Dengan bantuan kami, mereka bisa mendapatkan kembali hingga 10% dari waktu kerja mereka dan fokus pada hal yang lebih penting seperti perencanaan strategis.
Jadi, apa kamu sudah siap untuk menyampaikan pitch pertamamu?
. . .
Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah upaya bahu membahu penggerak ekosistem startup digital Indonesia untuk saling terkoneksi, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.
Diinisiasi sejak 2016, gerakan ini diharapkan mendorong terciptanya mencetak startup yang menjadi solusi atas masalah dengan memanfaatkan teknologi digital. #1000StartupDigital memberikan pembinaan bagi calon founder untuk membentuk tim, membuat MVP, hingga meluncurkan produknya ke pasar.
Karena Indonesia maju, #MulaiDariKamu!
Bagikan artikel ini