Bagaimana caranya agar brand kita mudah diingat dan berkesan untuk banyak orang? Semuanya dikupas secara mendalam di Sekolah Beta Kelas Luring X Blibli!
Setelah sebelumnya telah diselenggarakan kelas mengenai data untuk e-commerce, kali ini Sekolah Beta kembali bekerja sama dengan Blibli untuk menghadirkan Kelas Luring Hustler Series: “Building A Brand Identity.” Pada kelas kali ini, para peserta diajak untuk membentuk karakteristik brand yang kuat dengan mendalami visi, misi, dan nilai dalam rangkaian elemen visual sebuah brand.
Acara yang berlangsung pada Sabtu, 4 November 2023 ini terdiri dari sesi Presentasi serta sesi Workshop. Sesi Presentasi menghadirkan dua pembicara, yaitu Zsazsa Kartika (Brand Management Assistant Vice President, Blibli) dan Dimaz Kusuma (Social Media Lead, Blibli).
Zsazsa Kartika membagikan wawasan terkait cara membuat identitas brand yang kuat. Zsazsa menjelaskan seperti apa peran identitas brand dalam memperoleh kepercayaan konsumen dan juga kesan yang baik. Ia juga membagikan tips dan trik dalam membuat analisis marketing, serta cara membuat visual brand yang menarik, seperti penggunaan logo, warna, hingga tipografi yang sesuai dengan value brand.
Melihat antusiasme yang tinggi, Zsazsa sangat mengapresiasi semangat para peserta dalam menggali ilmu dan belajar bersama.
“Seru banget bisa interaksi karena tadi aku nggak hanya mengajar satu arah aja. Dari teman-teman peserta juga banyak yang bertanya dan berdiskusi. Jadi hari ini selain aku kasih pelajaran tentang brand identity, aku juga banyak belajar dari pertanyaan teman-teman, dari presentasi teman-teman juga.”
Sementara, Dimaz Kusuma mengajak peserta untuk menjelajahi peran media sosial dalam membentuk dan memperkuat identitas brand. Tidak hanya itu, Dimaz juga mengajarkan peserta bagaimana cara membuat konten yang bisa mengekspresikan brand identity kita. Menurut Dimaz, kelas bisa berjalan dengan sangat baik karena semangat peserta yang berpartisipasi aktif selama acara berlangsung.
“Seru banget, karena dari sisi partisipan nya juga antuasias memberikan pertanyaan, akhirnya dari workshop ini juga keluar ide-ide yang seru. Hari ini acaranya seru banget, sih.”
Setelah sesi Presentasi, acara dilanjutkan dengan sesi Workshop yang mengusung tema “Build Your Own Brand Identity.” Pada sesi ini, para peserta dibimbing oleh tim Brand Communication Blibli untuk membuat identitas brand dengan memerhatikan elemen visual, mematangkan visi dan misi brand yang ditentukan, hingga target audiens.
Peserta terbagi menjadi beberapa grup yang masing-masing ditugaskan untuk membangun identitas brand dari perusahaan yang telah ditentukan. Setelah berdiskusi, masing-masing perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dan mendapatkan pandangan serta masukan dari kedua pembicara.
Wenta, salah satu peserta yang mempresentasikan hasil re-branding identity kelompoknya, mengutarakan kesan yang ia dapat selama mengikuti acara Kelas Luring Sekolah Beta.
“Seru banget. Dapat insight banyak banget dari pembicara, terus kita juga dikasih waktu untuk ngerjain study case juga. Dan paling serunya di situ, karena kita bisa banyak ngulik dan discuss bareng teman-teman lain dari banyak background.”
Melihat semangat para peserta untuk terus menggali ilmu dan menciptakan inovasi digital, Dimaz Kusuma (Social Media Lead, Blibli) memberikan pesan dan masukan untuk acara Sekolah Beta ke depannya.
“Buat next-nya, kita bisa konsisten terus aja, untuk nge-build komunitas-komunitas ini, agar semakin banyak orang-orang yang tertarik untuk membangun startup dan bisa mengundang lebih banyak orang lagi, dan mungkin nanti pembicara yang lebih keren-keren juga.”
Kamu juga ingin jadi bagian dari acara ini? Jangan ketinggalan Sekolah Beta Kelas Luring episode selanjutnya, ya! Pantengin terus media sosial @sekolahbeta untuk mengetahui info pendaftarannya!
Ikuti juga Sekolah Beta Kelas Daring di YouTube @1000startupdigital untuk memperdalam ilmu startup kamu sebagai Hipster, Hustler, maupun Hacker!
Sampai bertemu di Sekolah Beta Kelas Luring berikutnya! Bersama Sekolah Beta, mengobrol dengan praktisi digital dan bertemu teman baru jadi lebih asyik!
. . .
Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah upaya bahu membahu penggerak ekosistem startup digital Indonesia untuk saling terkoneksi, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.
Diinisiasi sejak 2016, gerakan ini diharapkan mendorong terciptanya mencetak startup yang menjadi solusi atas masalah dengan memanfaatkan teknologi digital. #1000StartupDigital memberikan pembinaan bagi calon founder untuk membentuk tim, membuat MVP, hingga meluncurkan produknya ke pasar.
Karena Indonesia maju, #MulaiDariKamu!
Bagikan artikel ini