fbpx

3 Rahasia Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan

Tahukah kamu, apa yang menjadi dasar dari merek untuk bisa membuat pelanggan dan pengikut mereka bertambah berkali lipat?

Jawabannya adalah keterlibatan.

Sebagus apa pun produknya, sebagus apa pun kontennya, jika audiens atau pelanggan tidak terlibat, artinya sia-sia.

Keterlibatan pelanggan adalah kunci yang bisa menumbuhkan pengikut setia dan bermanfaat secara jangka panjang terhadap model bisnis.

Seperti apa cara meningkatkan keterlibatan pelanggan atau pengguna?

Untuk menaikkan keterlibatan pengguna, kamu bisa memprioritaskan tiga C yang membentuk community.

Ketiga hal ini saling memperkuat satu sama lainnya, bukan untuk saling menggantikan.

C yang pertama adalah content

Di dalam konten, penting bagimu untuk bisa menambah nilai, membangun kepercayaan, dan menginspirasi pengguna untuk bertindak.

Syarat pertama, konten yang kamu buat harus ada nilai tambah bagi pengguna atau audiens yang melihat. Misalnya, memberi informasi penting, menginspirasi, atau menghibur.

Jika kontenmu disukai pengguna, maka peluang mereka untuk kembali melihat kontenmu dan follow akun akan semakin besar. Konten yang berhasil menarik banyak pengguna atau pengikut akan direkomendasikan oleh platform dan berpeluang untuk muncul di halaman explore, for your page, atau recommendation.

Beberapa ide konten yang menarik yang bisa kamu kembangkan adalah tentang mengikuti tren video yang sedang hits, memecahkan masalah pengguna, user generated content, menampilkan behind the scene atau konten di balik layar, mereplikasi suatu cara atau langkah, dan lain-lain.

Syarat kedua, yaitu membangun kepercayaan. Ini bisa menjadi tantangan terutama bagi kamu yang akunnya masih baru. Untuk itu, penting untuk punya sudut pandang sebagai pengguna baru dari produkmu, yang masih belum tahu apa-apa tentang merekmu. Selanjutnya, buatlah konten yang menanamkan kepercayaan pada merekmu, misalnya menjelaskan tentang user value proposition yang dikemas dengan bahasa sederhana, mudah dipahami, dan relevan dengan kegiatan sehari-hari dari penggunamu.

Syarat ketiga, kamu harus bisa mengajak audiens atau pengguna untuk bertindak setelah mereka melihat kontenmu. Setiap kamu membuat konten, tanyakan pada dirimu, tindakan apa yang kamu ingin audiens lakukan setelah melihat kontenmu?

Apakah kamu ingin agar audiensmu memberi komentar, membagikan postingan, mengklik, follow, mendaftar ke link, mengirim e-mail, membeli produkmu, atau yang lain?

Pastikan di akhir konten kamu mengajak audiens untuk fokus melakukan satu tindakan.

C yang kedua adalah collaboration

Jika kamu bisa menemukan partner kerja sama yang tepat, maka kolaborasi sangat efektif untuk melesatkan pertumbuhan dan keterlibatan.

Misalnya, berkolaborasi dengan merek, influencer, atau akun lain yang punya banyak follower yang satu niche dengan industri atau kategori produkmu.

Seperti apa kolaborasi terkait konten yang bisa dilakukan?

Misalnya memposting konten bersama, mengadakan giveaway, melakukan review, mengadakan sesi penjualan secara live, paid ads content, dan lain-lain.

C yang ketiga adalah consistency

Mungkin kata ‘konsistensi’ adalah hal klise jika dikaitkan dengan peningkatan atau kesuksesan, dalam hal apa pun. Tapi, mau bilang apa kalau memang itu kenyataannya? Termasuk dalam urusan konten, konsisten memang kunci.

Dengan memposting secara konsisten, maka merekmu akan semakin unggul. Itu akan membuat kontenmu dilihat oleh lebih banyak orang. Akun media sosial yang memposting secara konsisten dan rutin, akan mendapatkan atensi dan kepercayaan lebih dari audiensnya.

Jika tidak percaya, mari kita berhitung secara sederhana. Jika kamu memposting seminggu sekali dan mendapatkan 300 likes, maka 300 orang telah berinteraksi dengan kontenmu. Lain halnya jika memposting setiap hari, kalikan dengan tujuh, dan dalam seminggu akan ada 2.100 orang yang menyukai kontenmu (anggaplah setiap hari ada 300 orang yang likes secara stabil). Itu tentu akan lebih menguntungkan dibandingkan 300 orang, bukan?

Jadi, sudah siap untuk membuat pelangganmu semakin terlibat? Yuk, terapkan mulai dari sekarang!

. . .

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah upaya bahu membahu penggerak ekosistem startup digital Indonesia untuk saling terkoneksi, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Diinisiasi sejak 2016, gerakan ini diharapkan mendorong terciptanya mencetak startup yang menjadi solusi atas masalah dengan memanfaatkan teknologi digital. #1000StartupDigital memberikan pembinaan bagi calon founder untuk membentuk tim, membuat MVP, hingga meluncurkan produknya ke pasar.

Karena Indonesia maju, #MulaiDariKamu!

Bagikan artikel ini