fbpx

3 Cara Ampuh Mengomunikasikan Strategi Startupmu!

Founder, coba ingat-ingat deh, seperti apa kamu bekerja ketika masih menjadi karyawan? Apakah kamu bekerja dengan mengetahui strategi dan tujuan perusahaan? Atau, langsung bekerja tanpa mengetahui tujuannya?

Sering banget nih, terjadi komunikasi yang kurang lancar antara petinggi dan karyawan. Di satu sisi, karyawan merasa sungkan untuk menanyakan banyak hal, sehingga atasan harus menjelaskan strategi dan visi perusahaan dengan susah payah. Tidak jarang juga terjadi miskomunikasi. Kamu maunya A, eh, tim kamu justru mengerjakan B.

Terus, gimana cara agar tim kamu memahami strategi startupmu? Dilansir dari Harvard Business Review, artikel ini akan memberikan 3 tips yang mudah untuk kamu terapkan!

1. Beri Alasan Kenapa Ide Ditolak

Kita bisa jadi karyawan yang baik. Tapi, menjadi pemimpin yang baik itu cukup sulit. Seringkali kita tidak sadar kalau arahan yang kita berikan kepada tim masih belum jelas. Di lain sisi, anggota tim seringkali sungkan untuk memastikan permintaanmu. Nah, salah satu cara untuk memperbaiki komunikasi dengan tim adalah dengan menjelaskan alasan dibalik penolakan ide yang diajukan tim kamu. Ini bisa membantu tim memahami mengapa suatu strategi dipilih.

Sebagai contoh, perusahaan Edward Jones memilih untuk menargetkan investor individu di daerah pedesaan, bukan di kota besar, dan menawarkan produk yang aman dan transparan. Dengan menjelaskan alternatif yang ditolak, seperti tidak menjual produk derivatif yang berisiko atau tidak memiliki kantor besar di kota besar, karyawan dapat lebih memahami logika di balik keputusan strategi tersebut.

2. Hubungkan dengan Tujuan Perusahaan

Kamu juga bisa menjelaskan apa hubungan keputusan yang kamu buat dengan tujuan startupmu. Misalnya, DPG Media Group, perusahaan media terkemuka di Belgia dan Belanda, selalu menjelaskan keputusan strategis mereka dengan mengaitkannya dengan tujuan perusahaan untuk menyediakan jurnalisme profesional berkualitas tinggi dalam bentuk digital. Ketika mereka memutuskan untuk melakukan akuisisi atau berfokus pada pasar tertentu, keputusan tersebut selalu dikaitkan dengan tujuan utama mereka. Ini membuat karyawan lebih mudah memahami alasan di balik setiap keputusan tanpa harus mengetahui semua detail proses pengambilan keputusan.

3. Libatkan Tim dalam Pengembangan Strategi

Melibatkan tim dalam proses pengembangan strategi dapat meningkatkan pemahaman dan partisipasi mereka saat menjalankan strategi tersebut. Ada berbagai cara untuk melibatkan anggota tim, misalnya dengan meminta masukan dan feedback, hingga partisipasi aktif dalam workshop dengan tema strategi.

Sebagai contoh, perusahaan minuman Premium-Kollektiv di Jerman memberikan kesempatan kepada karyawannya untuk membahas strategi melalui email, di mana setiap orang dapat mengajukan atau menanggapi isu-isu yang diajukan. Langkah ini menghadirkan berbagai perspektif sehingga keputusan yang diambil merupakan kesepakatan kolektif.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan peran teknologi, loh. Bridgestone, produsen ban global, melakukan survei dengan bantuan kecerdasan buatan/AI untuk mengumpulkan wawasan dari karyawan secara efisien dan dalam skala besar. Dengan begitu, karyawan merasa dilibatkan secara interaktif sehingga didapatlah wawasan berharga yang dapat digunakan untuk merencanakan strategi.

Nah, itulah 3 cara ampuh mengomunikasikan strategi startupmu. Agar strategi perusahaan dapat dijalankan dengan efektif, setiap anggota tim perlu mengetahui dan memahami pilihan yang dibuat oleh startupmu. Sebagai pemimpin, kamu perlu menemukan cara-cara alternatif untuk membantu karyawan memahami dan menghargai pilihan-pilihan strategi mereka.

Semoga dengan menerapkan tips ini, kamu dan tim bisa sejalan dalam bekerja dan meraih tujuan bisnis bersama-sama, ya. Semangat terus, founder!

. . .

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah upaya bahu membahu penggerak ekosistem startup digital Indonesia untuk saling terkoneksi, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Diinisiasi sejak 2016, gerakan ini diharapkan mendorong terciptanya mencetak startup yang menjadi solusi atas masalah dengan memanfaatkan teknologi digital. #1000StartupDigital memberikan pembinaan bagi calon founder untuk membentuk tim, membuat MVP, hingga meluncurkan produknya ke pasar.

Karena Indonesia maju, #MulaiDariKamu!

Bagikan artikel ini